Rabu, Februari 28, 2024
BerandaOTOMOTIFPerforma Motor Tetap Kondisi Optimal, Gunakan Oil System Cleaner

Performa Motor Tetap Kondisi Optimal, Gunakan Oil System Cleaner

(WARTADEWATA.COM) – Menjaga performa dan kondisi motor adalah hal wajib dilakukan para pemilik kendaraan. Salah satunya adalah menjaga kebersihan jalur oli mesin sehingga performa sepeda motor Honda tetap optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, Oil System Cleaner bisa dijadikan andalan dan Solusi. Cairan pembersih oli alias Oil System Cleaner produksi dari PT Astra Honda Motor atau AHM, hadir untuk menjaga kebersihan jalur oli mesin sehingga perfoma sepeda motor Honda tetap optimal. Bahkan, cairan pembersih ini dapat digunakan pada seluruh tipe motor Honda. Satu kemasan Oil System Cleaner dapat digunakan untuk sepeda motor dengan kapasitas oli mesin hingga 1,2 liter. Penggunaan cairan pembersih itu dilakukan sebelum penggantian oli mesin motor Honda.

Berikut beberapa fungsi penting dari Oil System Cleaner:
1. Menghilangkan Endapan dan Lumpur
Motor yang sering digunakan tentunya akan mengalami penurunan performa. Seiring waktu, oli mesin dapat mengandung endapan, lumpur, dan partikel-partikel kecil yang dapat mengendap di berbagai bagian sistem pelumasan. Apalagi bagi pemilik kendaraan yang sering terlewat melakukan perawatan berkala ke bengkel AHASS.
Dengan Oil System Cleaner akan mempermudah proses penguraian dan pembersihan endapan kotoran tersebut.
2. Pembersihan Saluran Oli
Harus diketahui pada sistem pelumasan di dalam konstruksi mesin sepeda motor ada bagian-bagian yang sulit dijangkau dengan tangan, seperti saluran oli, saluran tekanan oli, dan galeri-galeri. Bagian-bagian tersebut bisa menjadi tempat bertumpuknya endapan kotoran dan residu sisa pembakaran sehingga saluran sistem pelumasan bisa tersumbat.
Pembersihan saluran-saluran ini dapat dilakukan dengan menggunakan Oil System Cleaner guna memastikan aliran oli yang lancar ke semua bagian mesin.
3. Membersihkan dan Mengurangi Gesekan Komponen Internal Mesin
Oil System Cleaner dapat mempermudah proses pembersihan komponen internal mesin seperti piston, klep, dan bearing. Hal ini membantu mengurangi gesekan antar bidang komponen yang bergerak sehingga komponen-komponen tersebut bisa bekerja dengan optimal.
Dengan begitu, performa mesin bisa terjaga dan konsumsi bahan bakar bisa ditekan.
4. Mencegah Pembentukan Deposit Karbon
Deposit karbon yang terbentuk dari sisa pembakaran di dalam ruang mesin bisa mengurangi kinerja mesin dan menyebabkan masalah seperti knocking atau detonasi. Dengan penggunaan Oil System Cleaner, tumpukan deposit sisa pembakaran pada bagian penting mesin sepeda motor bisa dicegak.

Pembersih sistem oli biasanya digunakan sebagai bagian dari langkah preventif untuk menjaga kesehatan mesin kendaraan. Cara Pemakaiannya adalah :
1. Tuang cairan Oil System Cleaner ke dalam lubang pengisian oli mesin (Dicampur bersama oli bekas)
2. Nyalakan mesin motor Honda dalam kondisi idle (stasioner) selama 10 menit.
3. Buang beserta sisa oli mesin yang sudah dicampur Oil System Cleaner lewat lubang pembuangan oli bawah.
4. Setelah itu, barulah oli mesin baru dimasukkan ke dalam mesin.

Spart Part Manager Astra Motor Bali , Purnama Jaya mengungkapkan Oil System Cleaner memiliki kandungan Powerful Cleansing Agent yang dapat membantu mengurangi potensi timbunan endapan (oil sludge) di jalur pelumas. Endapan di jalur pelumas dapat menyebabkan keausan mesin prematur dan mesin motor overheat sehingga konsumsi BBM meningkat.
“Oil System Cleaner sudah bisa didapat di seluruh jaringan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), dealer resmi Honda, dan toko suku cadang Honda di seluruh Indonesia. Harganya yakni Rp. 30.000 per kemasan. Untuk menjaga kinerja mesin dan seluruh komponen sepeda motor tetap optimal, lakukanlah service rutin di bengkel AHASS terdekat. Manfaatkanlah fasilitas booking service untuk perawatan sepeda motor bebas antri,” ungkap Purnama.(dha)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments