Senin, Juli 15, 2024
BerandaPENDIDIKANGuru Diminta Implementasikan Konsep PAIKEM Dalam Pembelajaran

Guru Diminta Implementasikan Konsep PAIKEM Dalam Pembelajaran

(WARTADEWATA.COM) – Guru diminta untuk mengimplementasikan konsep PAIKEM dalam proses pembelajaran di sekolah. PAIKEM singkatan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan. Implementasi konsep ini menjadi penting karena Permendiknas No 41 Tahun 2007 tentang standar proses juga mengamanatkan hal tersebut.

“Pembelajaran harus dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik” kata Sekretaris Sekolah Vokasi Universitas Warmadewa, Gede Yohanes Arygunartha, S.Pd., M.Pd Fis.

Arygunartha mengakui belum semua guru mengimplementasikan konsep PAIKEM dalam proses pembelajaran di sekolah. Upaya sosialisasi telah dilakukan, salah satunya melalui program kemitraan di SD Negeri 1 Batuan, Kabupaten Gianyar pada Kamis, 4 Mei lalu.

Menurutnya, selama ini proses pembelajaran di sekolah masih berpusat pada Guru (Teacher Centered) kemudian dilanjutkan dengan latihan soal. Lebih banyak memberikan informasi kepada siswa pada setiap pembelajaran yang dilakukan. Keadaan ini yang membuat mahasiswa hanya sebagai pendengar saja dalam melaksanakan proses belajar mengajar

Ia menambahkan model pembelajaran yang dilakukan masih sangat konvensional sehingga siswa tersebut merasa bosan dan jenuh ketika mengikuti pembelajaran yang dilakukan di kelas. Model pembelajaran konvensional yang dilakukan oleh seorang guru ketika mengajar di kelas membuat siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru.(rls)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments