Senin, Maret 4, 2024
BerandaPENDIDIKANITB STIKOM Bali Gelar Kuliah Industri, Guna Cetak Lulusan Siap Kerja

ITB STIKOM Bali Gelar Kuliah Industri, Guna Cetak Lulusan Siap Kerja

(WARTADEWATA.COM) – ITB STIKOM Bali tampaknya terus membuat gebrakan guna meningkatkan kualitas lulusannya. Kali ini sebanyak 3000 mahasiswa ITB STIKOM Bali mengikuti Kuliah Industri 2023 di Aula ITB STIKOM Bali, pada Senin (29/5/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan akademisi dengan dunia usaha.

Ketua Panitia Kuliah Industri ITB STIKOM Bali 2023, Pande Putu Gede Putra Pertama, mengungkapkan tema kuliah industri kali ini adalah Digital Tranformation for Society 5.0. yang berlangsung mulai 29 hingga 31 Mei 2023, dengan 15 pembicara sesuai bidangnya. Materi yang diajarkan, berbagai produk digital, digitalisasi pertanian, metaverse, blockchain, digital marketing, dan topik menarik lainnya, ungkapnya.

Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan mengatakan, dari sejak berdiri ITB STIKOM Bali selalu mendekatkan diri dengan dunia industri. Agar supaya mereka yang telah lulus nanti bisa diserap dunia industri. Menurutnya ada dua bidang yang dapat dilakukan mahasiswa setelah tamat, yaitu bekerja dan berwirausaha, ujarnya.

“Tujuan kuliah industri ini adalah untuk mendekatkan akademisi dengan dunia usaha. Selain itu, menciptakan atmosfir bagaimana bidang usaha-usaha mereka itu bisa diserap mahasiswa, ini lo dunia usaha sesungguhnya. Kadang dalam perkuliahan masih ada teori yang kadang kurang match dengan kenyataan. Begitu juga, masih banyak hal yang tidak dipelajari di kelas saat kuliah,” jelas Dadang.

Menurut Dadang, inilah saatnya dunia industry transfer pengetahuan ke para mahasiswa dengan harapan, ilmunya dapat diserap. “Kesuksesan institusi adalah kesuksesan alumninya. Kami para dosen dan juga para pengelola kampus tentu merasa bahagia bisa mengantarkan para mahasiswa menyongsong masa depan yang lebih baik,” tambah Dadang.

Sementara, untuk waktu yang diperlukan setelah tamat menunggu panggilan dari dunia industri, Dadang mengatakan, sangat bervariasi. “Rata-rata 40 hari masa tunggunya. Bidang IT ini sangat banyak diperlukan. Apapun bidangnya baik itu kesehatan, perbankan, kuliner, telekomunikasi dan yang lain membutuhkan IT. Lulusan IT ini bisa masuk ke segala sektor, itulah sebabnya lulusan STIKOM Bali ini diincar dunia usaha selama ini,” ungkap Dadang.

Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti, Ida Bagus Dharmadiaksa, Msi., Ak., ditemui usai pembukaan Kuliah Industri ITB STIKOM Bali 2023 di Aula ITB STIKOM Bali, pada Senin (29/5/2023) berharap, program kuliah industri ini dapat terus dijalankan dan bila perlu ditingkatkan dengan mendatangkan para pengusaha tingkat nasional. Disamping itu kegiatan ini dapat melink-matchkan dunia kampus dan dunia industr, agar tidak lagi ada training tapi lulusan langsung bisa diterima di dunia kerja, harapnya.

“Kami juga terus melakukan terobosan agar lulusan ITB STIKOM Bali bisa lebih cepat diterima di dunia usaha, karena ketika magang kemampuannya sudah bagus sehingga langsung bisa ditempatkan di perusahaan,” ucap Dharmadiaksa.(dha)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments