Rabu, Februari 28, 2024
BerandaPENDIDIKANWapa Di Ume Sidemen Sukses Gelar Wapa 1 St Cocktail Competation 2023

Wapa Di Ume Sidemen Sukses Gelar Wapa 1 St Cocktail Competation 2023

(WARTADEWATA.COM) – Setelah sukses menggelar Cooking Competition Wapa di Ume Ubud bertemakan “Nasi Goreng Bongkot” pada tahun lalu, maka pada tahun 2023 ini Wapa Di Ume Sidemen juga Sukses menggelar Wapa 1 St Cocktail Competation 2023. Sebanyak 27 bartender dari 7 kampus pariwisata di Bali ramaikan gelaran bertajuk Wapa 1 st Cocktail Competation 2023 pada Jumat (22/9/2023) di Kampung Buluan Wapa di Ume Sidemen, Karangasem-Bali. Tujuh kampus pariwisata se-Bali yang terlibat dalam kompetisi ini seperti  Kampus Triatma Mulya Dalung, Kampus Mediterranean Karangasem, Kampus IPBI Gatsu, Kampus Monarch Gianyar, SPB Gatsu, Kampus Elizabeth dan Kampus Glory International Klungkung.
Para peserta Wapa 1 st Cocktail Competation 2023 beradu bakat didepan para juri untuk meracik Cocktail. Tampilan, cara membuat dan rasa menjadi parameter juri untuk mencari siapa bartender terbaik dalam ajang Wapa 1 st Cocktail Competation 2023 kali ini.
Para calon bartender muda ini tangannya begitu terampil memainkan botol-botol kecil, menuangkan beberapa bahan minuman ke dalam gelas dan meracik Cocktail didepan para juri. Juri pun cukup menikmati cocktail yang disajikan para peserta menyajikan berbagai sajian yang menarik. Pun demikian ke empat dewan juri yang terdiri Putu Irawan, Sena Karilo, Lila Saputra dan Kadek Ari Putra sangat hati-hati dalam menilai hasil karya para peserta Wapa 1 st Cocktail Competation 2023 untuk mendapatkan pemenang yang berkualitas. Kompetisi kali ini merebutkan total hadiah jutaan rupiah.
Para juri dan panitia gelaran Wapa 1 St Cocktail Competation 2023 melakukan foto bersama.
Setelah dewan juri menilai hasil karya para peserta Wapa 1 st Cocktail Competation 2023 maka dewan juri menetapkan pemenang dari masing-masing katagori. Katagori Arak Clasic juara pertama adalah Daniel Ricko Dinata – IPBI, juara kedua Kadek Arianta – Mediteranian Bali dan juara ketiga Ni Luh Novik Ani – SPB. Untuk katagori ArakFushion juara pertama I Made Ari Purnawan – Elizabeth International, juara kedua I Kadek Dian Mahendra – Mediteranian Bali dan juara ketiga Ni Komang Tria Artiningsih – Monarch Bali Gianyar. Untuk katagori Flairtending juara pertama Gede Rico Hardiana – Triatma Mulya, juara kedua Kadek Bayu Krisna – Monarch Candidasa dan juara ketiga Putu Dea Suksma Sugiarti – IPBI. Untuk Best Cokctail pemenangnya adalah Dedi Mahendra – Monarch Bali Gianyar dan Gede Suta – SPB.
Salah satu juri, yakni dari Himpunan Bartender Indonesia, Kadek Ari Putra mengungkapkan, banyak mahasiswa yang berkompetisi ini membawa khas dari daerahnya, dikombinasikan. ‘Story telling-nya menarik, banyak sajian tradisional yang diangkat. Surprise dan bangga karena menghadirkan produk lokal yakni arak yang dikombinasikan dengan mentimun, rosmeri, manggis dan produk buah lokal lainnnya,” ungkapnya.
Ari Putra berharap kompetisi tersebut turut membuat minuman khas Bali seperti arak kian dikenal khalayak luas. Terlebih dunia mixology selalu menarik. Tangan-tangan terampil di balik kenikmatan segelas cocktail kerap menjadi penyelamat mood bagi sebagian orang, harapnya.
Menurut Ari Putra keahlian meracik berbagai jenis minuman ini jadi pertaruhannya. Di belakang meja bar, posisi bartender laiknya seorang chef yang lihai meracik dan memadu-padankan berbagai bahan dan bumbu makanan, ujarnya.
Corporate Operational Manager Wapa di Ume, I Komang Budi.
 
Corporate Operational Manager Wapa di Ume, I Komang Budi, menjelaskan event kali ini merupakan kompetisi yang pertama kalinya dalam rangka memeriahkan HUT Wapa di Ume Sidemen ke-5 yang jatuh pada 2 Oktober 2023. “Ini adalah kompetisi kreasi cocktail dengan 3 kategori, yakni klasik cocktail, arak fushion dan flairtending pertama di resort ini dan bagian dari pelestarian minuman khas Bali yakni arak,” jelasnya.
 
Terlebih, Industri Food & Beverage (F&B) semakin menggeliat belakangan ini. Salah satu dari ujung tombak industri tersebut selain minuman adalah para bartender. Sebagai apresiasi terhadap bartender sebagai pahlawan di bidang F&B, sekaligus memunculkan bartender berkualitas, sehingga digelar acara ini, tambah Budi. (dha)
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments