Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaPENDIDIKANDua Wakil SMAN Bali Mandara Singaraja Pertahankan Gelar Juara

Dua Wakil SMAN Bali Mandara Singaraja Pertahankan Gelar Juara

(WARTADEWATA.COM) – Prestasi gemilang kembali diraih perwakilan Bali dalam ajang bergengsi bagi siswa SMA multitalenta di Tanah Air, yakni ajang Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student). Event ini bukti keberhasilan mempertahankan gelar juara, yang mana tahun ini dua perwakilan dari SMA negeri Bali Mandara berhasil menang Pada kategori ide karya dari Gede Indra Apriadi siswa dari SMA Negeri Bali Mandara, Bali berhasil meraih level silver melalui ide inovasi briket ramah lingkungan dengan memanfaatkan limbah siwalan. Selain itu Pada kategori invensi, pemenang Level silver diraih oleh Kadek Bintang Januarta yang merupakan wakil dari sekolah SMA Negeri Bali Mandara, Bali. Dia berhasil mengembangkan Briket Biomassa menggunakan limbah tanaman sorgum.

Region Head Astra Motor Bali, Yohanes Kurniawan menjelaskan AHMBS adalah ajang yang tepat untuk menunjukkan karya-karya inovasi para pelajar. Prestasi yang diraih perwakilan Bali ini merupakan usaha keras team baik itu dari Astra Motor Bali selaku Main Dealer juga para siswa yang sudah berjuang berkompetisi di Nasional.

“Setelah menjalani proses seleksi serta dengan semangat satu hati, kami ucapkan selamat kepada para pemenang dari Bali, Karya yang dihasilkan ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif dalam menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan dilingkungan sekolah maupun masyarakat sekitar. Semoga tahun depan wakil Bali kembali mampu melahirkan pemenang berprestasi lainnya dari siswa-siswa sekolah,” jelas Kurniawan.

AHM Best Student 2023 menjadi ajang bergengsi bagi siswa SMA multitalenta di Tanah Air untuk mengadu ide dan gagasan menawarkan solusi untuk pembangunan berkelanjutan. Tercatat sebanyak 742 karya dari 390 sekolah di 27 provinsi, mengikuti kompetisi ini. Seleksi dilakukan secara bertahap di tingkat provinsi hingga akhirnya terpilih 20 karya siswa terbaik yang bisa mengikuti tahapan Grand Final pada 31 Oktober 2023.

Pada tahun ini, AHM mengusung tema Sustainable Development Goals (SDG’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan. Berpijak pada 3 pilar utama AHM Best Student, yaitu Care, Creative, dan Confident, seleksi dilakukan tidak hanya pada karya yang diajukan tapi juga keaktifan siswa dalam kegiatan sosial, kompetensi soft skill hingga non akademik.

AHM Best Student 2023 menggandeng para profesional di bidangnya untuk mengkurasi karya terbaik siswa SMA dari seluruh Indonesia. Juri berasal dari beragam profesi yakni Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI dan pengajar dari beberapa kampus terbaik di Indonesia yakni Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan PPM School of Management.

Selain beradu kemampuan dalam menghasilkan karya terbaik pada rangkaian kegiatan seleksi final, para peserta juga diajak melihat langsung proses produksi sepeda motor Honda di pabrik AHM. Para finalis juga mendapatkan pembekalan soft skill dan mentalitas yang kuat dari inspirator atlet Paralympic M. Fadly, serta berdiskusi sarat inspirasi bersama Executive Vice President Director AHM Thomas Wijaya. Selain itu, para peserta berkesempatan untuk mendapatkan edukasi keselamatan berlalu lintas dengan Honda Riding Trainer (HRT) yang diajari langsung oleh Astra Honda License Instructor di AHM Safety Riding & Training Center (SRTC), Deltamas, Bekasi.(dha)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments