Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaPENDIDIKANUsung Revitalisasi Perang Ketupat, PMHD Unwar Melenggang Ke Final Abdidaya Ormawa 2023

Usung Revitalisasi Perang Ketupat, PMHD Unwar Melenggang Ke Final Abdidaya Ormawa 2023

(WARTADEWATA.COM) – Pesemetonan Mahasisye Hindu Darma, Universitas Warmadewa (PMHD Unwar) lolos melenggang ke final Anugerah Abdidaya Ormawa tahun 2023 yang digelar pada Kamis-Sabtu (7-9/12/2023) di Universitas Jember. PMHD Unwar lolos setelah sebelumnya mengusung tema kegiatan pengabdian yang berfokus pada revitalisasi seni dan budaya perang ketupat di Desa Medahan, Gianyar.

Dosen pendamping tim PMHD Unwar Dr. Ir. I Gusti Bagus Udayana, M.Si menyatakan revitalisasi dilakukan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dan membantu masyarakat melestarikan tradisi perang ketupat. Target akhirnya yaitu peningkatan kesadaran generasi muda dalam melestarikan perang ketupat.

“Hal ini tidak saja berpotensi melestarikan tradisi, tetapi juga menjadi daya tarik wisata yang dapat di kembangkan di Desa Medahan” kata Udayana saat dikonfirmasi di sela-sela kegiatan Anugerah Abdidaya Ormawa 2023 di Jember pada Sabtu (9/12/2023).

Perang Ketupat merupakan bentuk ungkapan rasa syukur para petani atas panen yang melimpah. Tradisi ini biasanya diikuti oleh masyarakat yang dewasa, sehingga perlu direvisi agar generasi muda dapat mengambil peran.

Anugerah Abdidaya Ormawa 2023 merupakan kegiatan tahun ke-3 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Republik Indonesia. Anugerah Abdidaya bertujuan untuk mengapresiasi kinerja mahasiswa pelaksana, organisasi kemahasiswaan, dosen pendamping, sistem pendukung perguruan tinggi dan mitra dalam upaya mewujudkan keberlanjutan program.

Selain (PMHD) Unwar, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian (BEM FP) Unwar juga lolos dalam ajang final Anugerah Abdidaya Ormawa 2023. BEM FP Unwar melaksanakan kegiatan PPK Ormawa di Desa Ban, Karangasem dengan fokus kegiatan mengolah kelapa menjadi VCO.

Anugerah Abdidaya Ormawa tahun ini diikuti oleh 78 PTN dan PTS. Secara keselurahan diikuti oleh 160 tim yang didampingi oleh 60 dosen pendamping.(pur)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments