Minggu, Maret 3, 2024
BerandaGaya HidupTips #Cari_Aman Memprediksi Bahaya Saat Berkendara Di Jalan Raya

Tips #Cari_Aman Memprediksi Bahaya Saat Berkendara Di Jalan Raya

(WARTADEWATA.COM) – Menggunakan sepeda motor untuk beraktifitas sehari-hari dilakukan sebagian besar masyarakat karena dianggap praktis dan sebagai salah satu upaya menghindari kemacetan. Ketika berkendara potensi bahaya atau kecelakaan dalam berkendara dapat muncul kepada siapa saja dan kapan saja. Oleh karena itu sebagai pengendara perlu mengetahui dan memperhatikan apa saja yang dapat memicu terjadinya kecelakaan. Selain itu saat kita berkendara perlu diketahui ada mekanisme reaksi yang kita lakukan dalam mengidentifikasi bahaya dijalan raya misalnya ketika kita melihat anak kecil bermain di pinggir jalan, maka reaksi yang timbul:
1. Identifikasi yaitu pahami perilaku anak-anak saat bermain dijalan
2. Keputusan dimana buat keputusan paling aman seperti memberi ruang, klakson, atau menyalip dengan jarak aman
3. Pengoperasian adalah saat keputusan sudah dibuat, operasikan kendaraan seperti menghidupkan sein kanan, mengerem, menghidupkan klakson
Tahapan tersebut tidak boleh dibolak balik dan tahapan identifikasi bahaya bisa kita dalami jenis bahayanya. apakah bahaya langsung, bahaya tidak langsung, atau bahaya tersembunyi.
Berikut pemaparannya :
1. Bahaya langsung merupakan bahaya yang berada tepat didepan kita
2. Bahaya tidak langsung adalah bahaya yang muncul dikondisi yang sebelumnya kita anggap aman
3. Bahaya tersembunyi adalah bahaya yang tidak bisa ditebak kapan muncul kecuali kita memahami lingkungan sekitar dan kebiasaannya saat kita berkendara
Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius menyebutkan, para pengendara harus memahami tehnik berkendara agar aman dan nyaman serta bisa memprediksi potensi bahaya di jalan raya. Proses memprediksi bahaya saat berkendara merupakan sebuah siklus yang terus menerus diulangi.
“Di jalan raya tidak bisa kita pungkiri kemungkinan para pengendara akan melakukan manuver yang tidak terduga dan bisa berpotensi membahayakan pengguna jalan lain. Agar selalu selamat marilah kita #Cari_Aman tetap waspada, jika menghadapi suatu bahaya saat berkendara, segera ambil keputusan karena hal ini penting untuk menentukan kondisi pengendara selanjutnya,” ungkap Yoyo.(rls)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments