Minggu, Maret 3, 2024
BerandaPENDIDIKANTingkatkan Kualitas “Lengis Tandusan”, Akademisi Unwar Rekomendasikan Penyaringan Bertingkat

Tingkatkan Kualitas “Lengis Tandusan”, Akademisi Unwar Rekomendasikan Penyaringan Bertingkat

(WARTADEWATA.COM) – Produsen minyak kelapa tradisional atau “Lengis Tandusan” direkomendasikan untuk menggunakan sistem penyaringan bertingkat guna meningkatkan kualitas produk minyak kelapa yang dihasilkan. Penyaringan bertingkat hingga 3 tingkat bertujuan untuk menghasilkan minyak yang jernih dan bebas endapan.

“Umumnya dalam pembuatan minyak tandusan hanya satu kali saring, sehingga minyak kurang jernih dan masih terdapat banyak kotoran minyak dan endapan. Melalui penyaringan bertingkat akan menghasilkan minyak yang lebih jernih dan daya simpan lebih lama” kata Ketua tim Program Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Pertanian-Universitas Warmadewa Ir. I Wayan Sudiarta, MP saat dikonfirmasi di Denpasar pada Selasa (8/8/2023).

Sudiarta menyebutkan untuk memperpanjang masa simpan, pemilihan bahan baku kelapa dan cara pembuatan santan juga perlu diperhatikan masyarakat yang memproduksi lengis tandusan dan akan lebih baik menyimpan minyak dalam botol kaca dan kedap udara untuk mencegah terjadinya oksidasi minyak menjadi cepat tengik. Penyimpanan dalam botol kaca akan membantu mempertahankan kualitas dan memperpanjang umur simpannya, sebutnya.

Ia juga mengungkapkan, lengis tandusan selain dimanfaatkan untuk menggoreng oleh masyarakat Bali, juga digunakan untuk berbagai keperluan seperti bahan baku minyak rambut, untuk campuran bumbu olahan pangan tradisional seperti betutu ayam, sambel matah dan Lengis tandusan juga dipercaya punya banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Jadi selain makanan akan punya rasa dan aroma yang kaya, tapi juga lebih bergizi, ungkap Sudiarta.

Sudiarta mengakui upaya sosialisasi penyaringan bertingkat dalam pembuatan lengis dan perbaikan proses pembuatan lengis tandusan telah diberikan kepada PPK Merta Nadi Banjar Lantangidung-Sukawati Gianyar. Sosialisasi telah dilakukan pada Minggu (6/8) dengan melibatkan ibu-ibu PKK serangkaian Program Pengabdian kepada Masyarakat hibah Kemendikbudristekdikti tahun 2023

Sementara Ketua PPK Merta Nadi Banjar Lantangidung Sumarni mengaku memproduksi minyak tandusan selain untuk kebutuhan sendiri, ia juga memasarkan lengis tandusan ke lingkungan Desa Batuan. Lengis tandusan merupakan salah satu produk olahan minyak tanpa bahan pengawet. Diolah secara tradisional yakni dengan proses kemasan yang apik, minyak kelapa tandusan naik kelas menjadi produk bergengsi.

Manfaat minyak kelapa tradisional Bali ini memiliki kandungan nutrisi yang begitu tinggi. Anda dapat memanfaatkannya untuk beragam jenis aktivitas. Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai sarana untuk melembabkan bibir secara alami. Minyak kelapa ini juga berguna untuk menghilangkan rasa pegal serta linu.

Bagi para pengusaha SPA, lengis tandusan Bali juga bisa dimanfaatkan. Pemakaian lengis tandusan untuk SPA biasanya kerap disertai dengan campuran minyak lavender. Pemanfaatan lengis tandusan juga untuk mengatasi rambut yang pecah-pecah.(pur)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments