Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaPENDIDIKANSiap Naik Level Penetapan TUK, SMKN 3 Singaraja Terverifikasi AHM dan Astra...

Siap Naik Level Penetapan TUK, SMKN 3 Singaraja Terverifikasi AHM dan Astra Motor Bali

(WARTADEWATA.COM) – PT AHM bersama main dealer Honda Astra Motor Bali selalu berkomitmen mendukung dunia Pendidikan dan mempertajam kontribusi dalam pengembangan Satu Hati Education Program (SHEP). Hal ini untuk menyiapkan generasi muda terampil dan siap bekerja. Untuk itulah PT AHM bersama dengan main dealer Honda Astra Motor Bali melakukan verifikasi ke salah satu sekolah binaan yakni SMK Negeri 3 Singaraja pada Selasa (28/6/2022).
Kegiatan yang dilaksanakan sehari setelah mengikuti “Sarasehan SMK Mitra Binaan AHM”, team SHEP PT AHM bersama dengan Astra Motor Bali melakukan kunjungan ke lokasi sekolah sekaligus mem-verifikasi kelayakan fasilitas kelengkapan sekolah baik sarana dan prasarana. Hal ini dilakukan sebagai persiapan untuk naik level menjadi tempat uji kompetensi (TUK) yang nantinya sekolah ini akan berhak melakukan uji kompetensi keahlian (UKK) siswa versi dudi (dunia usaha dan dunia industri). UKK merupakan program penyetaraan kompetensi lulusan siswa SMK yang setara dengan standar kebutuhan industri.

(Foto/is)

SHEP Officer PT AHM, Ony Setiawan mengatakan dengan dijalankannya proses verifikasi tempat uji kompetensi (TUK), diharapkan SMK Negeri 3 Singaraja bisa sebagai pusat bagi para siswa disekitar kota Singaraja dan 9 sekolah binaan AHM lainnya di Bali untuk melakukan uji kopetensi disekolah ini, ujarnya.

“Dengan terverifikasinya SMK Negeri 3 Singaraja akan jadi rujukan untuk siswa SMK sekitarnya yang ingin mendapatkan sertifikasi standar industri, yang hanya bisa dilakukan di SMK Negeri 3 Singaraja,”ungkap Oni Setiawan.

SMK Negeri 3 Singaraja baru diangkat sebagai sekolah yang menerapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda ditahun 2020. Dan dengan semangat serta komitmennya yang sangat tinggi dari pihak sekolah untuk bisa menjadi tempat uji kompetensi (TUK). Pemilihan sekolah ini melalui beberapa tahapan dan juga sudah memiliki fasilitas standar TUK diantaranya pit kerja minimal 6 unit , jumlah guru produktif 6 orang serta sarana dan prasarana kelengkapan lainnya yang mendukung.

Sebelum resmi menjadi TUK, PT dari AHM dan Main Dealer akan melakukan verifikasi kesiapan kebutuhan sertifikasi seperti adanya assesor yang telah tersertifikasi oleh dunia industri yang nantinya akan melakukan assesment terhadap siswa. Selain itu SMK Negeri 3 Singaraja telah terakui sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan (PK) yang dipilih oleh dinas Provinsi Bali dan juga telah menerapkan implementasi kulikulum Merdeka (IKM).

Wakasek Kurikulum SMK Negeri 3 Singaraja, I Gusti Made Putra, S.Pd., M.Pd mengatakan dengan adanya kunjungan ini membuat kami beserta team semakin bersemangat untuk segera mewujudkan sekolahnya menjadi tempat uji kompetisi (TUK) pada tahun ini, katanya.

“Sekolah kami, SMK Negeri 3 Singaraja ini memiliki beberapa jurusan yang salah satunya adalah tehnik dan bisnis sepeda motor dengan menggandeng Astra Motor Bali selaku main dealer Honda area Bali,” jelas Gusti Made Putra.

SHEP Officer Main Dealer Astra Motor Bali, Made Putra menambahkan bentuk kerjasama selama ini yang telah berjalan antara SMK dan Astra Motor Bali adalah dalam bentuk pelatihan dan sertifikasi guru, selain itu juga ada prakim (praktek kerja industri) dan pengembangan kurikulum oleh Astra Motor Bali. “Semoga dengan tersertivikasinya sekolah ini proses belajar mengajar mwnjadi lebih semangat sehingga kedepannya dapat mendukung SMK melahirkan siswa-siswa terampil agar siap bersaing mengisi kebutuhan tenaga kerja di industri kendaraan roda dua,” tutup Made Putra.(pur)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments