Kamis, Februari 22, 2024
BerandaPENDIDIKANIkuti SR Camp, Duta Safety Riding SMANBARA Dapat Pelatihan Peningkatan Kompetensi Keselamatan...

Ikuti SR Camp, Duta Safety Riding SMANBARA Dapat Pelatihan Peningkatan Kompetensi Keselamatan Berkendara

(WARTADEWATA.COM) – Safety Riding Camp (SR Camp) kembali digelar yang tahun ini diadakan pada 24 hingga 27 Juli 2023, dan duta safety riding terbaik dari SMA Negeri Bali Mandara dibawah naungan Astra Motor Bali kembali mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan ini. Digelar di Astra Honda Motor Safety Riding & Training Center (AHM SRTC), Cikarang – Jawa Barat 4 siswa perwakilan dari SMA Negeri Bali Mandara beserta guru pendamping akan mengikuti beragam acara dan pelatihan peningkatan kompetensi keselamatan berkendara.

Selama 3 hari para peserta SR Camp mendapatkan beragam ilmu yang bermanfaatkan dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara, seperti inspirasi fotografi dan videografi, public speaking, serta pengetahuan fitur keselamatan yang tersematkan pada sepeda motor Honda. Selain itu, ilmu keterampilan berkendara anak-anak muda ini dikalibrasi secara praktik dan teori dengan tema ajar utama yakni potensi bahaya saat berkendara sepeda motor di jalan raya. Seluruh materi ajar diberikan sebagai langkah untuk memperkuat kemampuan para duta Safety Riding dalam mengedukasi keselamatan berkendara di Safety Riding Lab Astra Honda.

PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi yang sekaligus mendampingi duta safety riding terbaik dari SMA Negeri Bali Mandara menyebutkan, seperti komitmen kami dalam mendukung gerakan kampanye keselamatan melalui pola pikir yang mengutamakan berlalu lintas aman dan nyaman. Hal ini diwujudkan dengan patuh pada regulasi, penggunaan safety gear yang lengkap, dan memastikan untuk mengendarai sepeda motor dalam kondisi prima.
“Dengan semangat satu hati, kemantapan wakil Bali untuk menampilkan yang terbaik dalam kegiatan SR Camp ini terlihat dari persiapan yang telah dilakukan mulai dari latihan pengamatan kondisi lalu lintas, lingkungan dan pengendara sesuai dengan aturan lalu lintas, rambu dan marka jalan, Mereka juga dilatih membuat analisa potensi bahaya melalui materi, diskusi, tanya jawab dari gambar dan video, hingga simulasi menggunakan Honda Riding Trainer (HRT), “ungkap Iswahyudi.

SMA Negeri Bali Mandara Singaraja ini merupakan salah satu dari 5 SMK yang sudah ditetapkan oleh Yayasan AHM Untuk memudahkan edukasi keselamatan berkendara melalui Safety Riding Lab Astra Honda yang diresmikan pada bulan September 2022. Fasilitas sekolah ini terbuka untuk dimanfaatkan sebagai sarana pelatihan keselamatan berkendara dengan fasilitas mumpuni seperti Zona Audio-Visual, Zona Simulasi dan Zona Praktek dengan beragam materi ajar seperti pendidikan etika lalu lintas, keterampilan berkendara hingga pemanfaatan media sosial.

Region Head Astra Motor Bali, Yohanes Kurniawan menyampaikan kesempatan yang baik ini sekaligus sebagai ajang untuk melatih para duta safety riding dengan cara unik dan kreatif agar tetap berpikir kritis saat berkendara sehingga dapat mengenali potensi bahaya di jalan raya.
“Sebagai bagian dari program Sinergi Bagi Negeri, dalam program Safety Riding Camp (SR Camp),kami berharap semoga semua ilmu yang di dapatkan sepanjang pelatihan ini dapat mereka tularkan dan dapat juga mengajarkannya kepada teman, keluarga, dan masyarakat daerah masing-masing dalam peran mereka sebagai duta safety riding,” ujar Kurniawan.(dha)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments