Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaOLAHRAGABali Hope Swimrun 2023 di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan Diikuti 8...

Bali Hope Swimrun 2023 di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan Diikuti 8 Negara

(WARTADEWATA.COM) – Bali Hope Swimrun kembali diselenggarakan pada 27 – 30 September 2023, di Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan, Bali. Acara ini melibatkan lebih dari 20 atlet dari delapan negara yakni Amerika Serikat, Inggris, Australia, Meksiko, Swedia, Belanda, Rusia, dan Indonesia, yang telah berlari dengan jarak tempuh 19,7 km dan berenang sejauh 2,8 km.

Turut hadir dalam pelaksanaan flag-off pada Jumat (29/9/2023) di Nusa Lembongan yakni Pendiri Bali Hope Tom Hickman, Pendiri Bali Children Foundation Margaret Barry, serta Head of Communications Management System and Partnership Department Astra Elmerilia Lonna.

Kegiatan Bali Hope Swimrun merupakan kegiatan berenang dan berlari sekaligus penggalangan dana untuk menjaga Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan, melalui kontribusi berkelanjutan dalam bidang lingkungan dengan cara sosialisasi pada manajemen sampah, terutama pengelolaan sampah plastik, serta bidang pendidikan untuk tingkatkan kemampuan literasi dan numerasi untuk para siswa di kedua pulau tersebut.

Astra Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia

Astra kembali sebagai sponsor resmi Bali Hope Swimrun 2023 setelah menjadi sponsor pada dua pelaksanaan sebelumnya di tahun 2018 dan 2019. Dukungan Astra merupakan komitmen bersama terhadap visi yang menggabungkan olahraga, pemberdayaan komunitas, pendidikan, dan keberlanjutan lingkungan.

“Dukungan Astra pada Bali Hope Swimrun sejalan dengan komitmen Astra untuk memberikan kontribusi keberlanjutan bagi masyarakat demi mendorong terciptanya perkembangan dan kemajuan bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan, mengurangi kesenjangan sosial, dan menjaga lingkungan hidup, demi masa depan yang lebih baik untuk semua,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Berenang dan Berlari untuk Menggalang Dana.

Terlepas dari isu lingkungan, anak-anak di Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan, adalah prioritas utama Bali Hope Swimrun 2023. Dukungan terhadap program pendidikan oleh Bali Children Foundation di semua sekolah di kedua pulau tersebut melalui peningkatan fasilitas kelas dan kurikulum yang disampaikan oleh guru-guru binaan dengan pembelajaran mencakup metode English as Foreign Language (EFL), Science, Technology, Engineering, Art, Maths, Humanity (STEAMH), keberlanjutan lingkungan, dan EdTech.

Penerapan kurikulum tersebut diharapkan dapat membantu para siswa di Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan, untuk dapat membaca, menulis, dan berhitung dengan efektif. Dengan EdTech, Bali Children Foundation membangun keterampilan literasi dan numerasi di kelas 1 SD dan mendukung siswa yang mengalami keterlambatan belajar dari kelas 2 hingga 6 SD dengan kurikulum berbasis tablet dan aplikasi berbahasa Indonesia.

“Penggalangan dana Bali Hope Swimrun mendukung misi penting di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Para peserta melakukan penggalangan dana dan sangat antusias untuk melihat Nusa Lembongan terlindungi dan pemuda di wilayah ini membangun kehidupan yang sukses dan bermakna. Bali Hope Swimrun 2023 yang didukung Astra bersama Bali Children Foundation membuat pekerjaan ini menjadi mungkin untuk diterapkan,” ujar Pendiri Bali Children Foundation Margaret Barry.

“Terima kasih banyak kepada Astra dan semua peserta yang telah berkumpul untuk membantu menciptakan perubahan besar di pulau Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan. Sangat fantastis untuk mengembalikan Bali Hope Swimrun setelah terhenti selama empat tahun dan terus memberikan dampak positif yang kami dukung melalui Bali Children Foundation,” tambah Pendiri Bali Hope Tom Hickman.

Inge Prasetyo, salah satu peserta yang terlibat adalah atlet triathlon wanita Indonesia yang memiliki prestasi di kancah global, seperti Silver Medal Women’s Individual Triathlon Sea Games 2021. “Saya sangat bersemangat untuk kembali ke acara ini untuk ketiga kalinya. Melihat kemajuan yang terjadi dari tahun ke tahun di pulau Nusa Lembongan, terutama bagi anak-anak, saya yakin bahwa kami memberikan dampak positif pada masa depan mereka. Saya sangat mendukung pendidikan dan saya percaya melalui pendidikan, kita bisa mencapai banyak hal seperti peluang untuk sukses, pemberdayaan diri sendiri, kesadaran sosial, kesejahteraan secara keseluruhan, dan banyak lagi,” ungkap Inge tentang motivasinya untuk kembali sebagai peserta.

Peraih juara Bali Hope Swimrun 2023 adalah juara 1: Alexander Taraskin asal Rusia & Gennady Kruglov asal Rusia. Juara 2: Annika Ericsson  asal Swedia & Elisabet Westman asal Swedia. Juara 3: Nicholas Leman asal Australia & Inge Prasetyo asal Indonesia.

Para fundraisers telah menunjukkan tekad dan upaya mereka dalam acara ini untuk membantu misi-misi penting ini lewat olahraga. Seluruh masyarakat juga dapat menunjukkan dukungan  kepada para fundraisers dengan melakukan donasi dihttps://fundraise.balichildrenfoundation.org/fundraisers/generaldonation/the-bali-hope-swimrun-2023.(dha)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments