Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaPENDIDIKANAdaptasi Kebutuhan Pasar, Prodi Agroteknologi Unwar Lokakarya Peningkatan Kurikulum

Adaptasi Kebutuhan Pasar, Prodi Agroteknologi Unwar Lokakarya Peningkatan Kurikulum

(WARTADEWATA.COM) – Dalam upaya mengadaptasi kebutuhan pasar, terutama para pengguna lulusan di sektor pertanian, Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa (FP-Unwar) menggelar lokakarya peningkatan kualitas kurikulum. Harapannya nantinya para lulusan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pengguna terkait pertanian berkelanjutan untuk pengembangan ekowisata.

“Peninjauan bisa dilakukan setiap waktu, sesuai kebutuhan masyarakat dunia usaha di bidang industri, sehingga tentu kurikulum kita bisa berjalan dengan efektif-efisien sesuai dengan kebutuhan dan pengembangan iptek kita saat ini “ kata Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa Ir. Dewa Nyoman Sadguna, M.Agb saat membuka lokakarya di Kampus Unwar-Denpasar pada Selasa (28/6/2023).

Dewa Sadguna menyampaikan melalui lokakarya para pengguna lulusan dapat memberikan masukan-masukan mengenai mata kuliah yang sesuai dan tidak sesuai. Masukkan tersebut nantinya akan menjadi evaluasi bagi penyempurnaan kurikulum di Prodi Agroteknologi.

Lokakarya menghadirkan dua guru besar dari Universitas Udayana yaitu Prof. Dr. Drh. Nyoman Sadra Dharmawan, MS. Dan Prof. Dr. Ir. I Nyoman Rai, MS. Kedua narasumber memberikan pemaparan terkait penyusunan kurikulum dan adaptasinya dengan program merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM).

Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana-Bali Prof. Dr. Drh. Nyoman Sadra Dharmawan, MS menegaskan bahwa kurikulum sebagai perangkat rencana pembelajaran memang seharusnya dievaluasi. Namun peninjauan atau evaluasi kurikulum tidak harus melakukan perubahan, tetapi bisa untuk menyempurnakan dan melengkapi.

Wayan Sunanjaya sebagai alumni Angkatan tahun 1993 mengakui bahwa ilmu yang sebelumnya didapatkan sangat bermanfaat terutama terkait tanaman dan media tanam. Beberapa hal kedepan yang harus diadopsi dalam pembelajaran yaitu terkait ilmu klimatologi dan pengembangan inovasi atau kreativitas.(rls)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments