Sabtu, April 13, 2024
BerandaOTOMOTIFWartawan wartadewata.com Ikuti Test Drive New Mazda CX-5

Wartawan wartadewata.com Ikuti Test Drive New Mazda CX-5

Terbukti Berfitur Dan Berteknologi Canggih Sehingga Lebih Aman Serta Nyaman Saat Dikendarai

(WARTADEWATA.COM) – Tidak menyangka wartadewata.com menerima undangan dari dealer Mazda wilayah Bali dibawah bendera PT Cahaya Surya Bali Cemerlang (Mazda Kuta), untuk mengikuti Test Drive SUV premium generasi New Mazda CX-5. Tentu undangan yang menarik ini disambut baik jajaran wartadewata.com. Dan kami sepakati Test Drive New Mazda CX-5 dilaksanakan pada Selasa (10/5/2022).

Sebelum melakukan test drive yang mengambil jalur By Pass Kuta serta menelusuri Tol Bali Mandara, kami terlebih dulu mengamati eksterior New Mazda CX-5. Ternyata New Mazda CX-5 memiliki warna baru ‘yakni Zircon Sand Metallic’ yang selaras dengan alam tanpa mengorbankan aspek stylish dan menciptakan kesan tangguh. Disamping itu ada pula berbagai elemen baru di bagian eksterior seperti Front Grille dengan pola elemen 3 dimensi yang tampil seolah-olah melayang dan memberi kesan kedalaman, Signature Wing baru dengan frame tebal yang menegaskan image kuat dan kokoh, desain beserta fitting lampu front and rear lamp yang berubah menampilkan tampilan yang lebih mewah dan eye-catching. Serangkaian pembaharuan dalam desain di CX-5 menciptakan elemen kekuatan SUV dan memberikan kesan solid dengan tetap mempertahankan garis karakter yang minimum.

Nah, dibagian interior lebih menarik lagi karena ada banyak fitur yang pastinya membuat pengemudi New Mazda CX-5 merasa nyaman dan aman. Ketika masuk dan duduk di kursi kemudi New Mazda CX-5, kami terpana karena disuguhi berbagai tombol elektrik canggih yang siap memanjakan kami saat mengemudikannya. Fitur pertama yang kami coba yakni pengaturan tempat duduk pengemudi yang dapat dilakukan secara elektris 8 arah, sehingga memungkinkan untuk setiap pengemudi mendapatkan posisi mengemudi saat berkendara. Dilengkapi juga dengan fitur dua memori penyimpanan konfigurasi duduk yang memudahkan pengaturan saat terjadi pergantian pengemudi. Tombol start pun kami mulai tekan untuk menghidupkan mesin New Mazda CX-5. Agar tidak penasaran, kami pun menanyakan satu persatu fitur-fitur yang dibenamkan di New Mazda CX-5 kepada instruktur yang mendampingi. Setelah memakai sabuk pengaman yang ada di New Mazda CX-5, kami mulai masuk ke jalan raya untuk memulai test drive. Rute pertama yang kami jajaki adalah jalur By Pass Kuta yang tergolong padat. Di rute pertama ini kami sudah merasakan nyaman mengendarai New Mazda CX-5 ini karena nyaris tanpa ada suara bising. Kondisi berkendara yang nyaman membuat kami lebih akurat lagi dalam merasakan respon mobil dan dapat mengoperasikan mobil dengan lebih baik. Tampaknya Mazda selalu berusaha untuk menciptakan dan menyediakan  lingkungan mengemudi yang mengadopsi “Human-Centered Design” dan berkomitmen membuat mobil yang beradaptasi dengan pengemudi, bukan memaksa pengemudi untuk beradaptasi dengan mobil.

Tampak dalam foto berbagai tombol elektrik yang canggih untuk menghidupkan fitur-fitur yang ada di New Mazda CX-5

Setelah puas menjajal New Mazda CX-5 di jalur By Pass Kuta, kami lanjutkan mengarah ke Tol Bali Mandara. Kali ini kami mencoba teknologi terbaru dari Mazda yakni i-Activsense. i-Activsense ini merupakan fitur keamanan tambahan guna menekan potensi kecelakaan. Mengemudi lebih aman menuntut pengenalan dini terhadap potensi bahaya. i-Activsense bekerja untuk mendukung fungsi-fungsi penting sehingga berkendara terasa aman dan tenang. Menurut kami teknologi i-Activsense ini memang benar-benar memanjakan pengemudi. Teknologi ini terdiri dari Mazda Radar Cruise Control (MRCC), secara otomatis menyesuaikan dan menjaga jarak yang aman dengan kendaraan di depan sehingga mengurangi beban pengemudi pada perjalan panjang. Menggunakan radar gelombang milimeter untuk menilai kecepatan dan jarak relatif ke mobil di depan dan secara otomatis mengontrol kecepatan kendaraan. Berikutnya kami juga mencoba teknologi Lane Departure Warning System (LDWS) yang ada di New Mazda CX-5. Sistem canggih ini memberikan peringatan kepada pengemudi saat terdeteksi adanya perpindahan jalur tanpa menggunakan lampu sein sehingga pengemudi dapat segera mengoreksi kemudi. Wah, dengan mencoba kedua teknologi tersebut kami kembali terperangah dan kagum dengan berbagai teknologi yang dibenamkan di New Mazda CX-5.

Menurut Wahyudi (Manager Operational Mazda Bali), selain teknologi tersebut diatas New Mazda CX-5 ternyata memiliki fitur dan teknologi lainnya yang patut dibanggakan. Fitur dan teknologi tersebut yakni Wireless Charger.Tray pada konsol tengah dilengkapi dengan wireless charger yang memungkinkan pengisian daya pada smartphone clan gadget yang kompatibei secara nirkabel saat mesin kendaraan dinyalakan. Mazda Connect. Mazda Connect memberikan kemudahan dalam mengakses sistem entertainment dan pengaturan system kendaraan. Kini dilengkapi dengan fitur wireless smartphone integration’ memudahkan anda dalarn mengakses musik favorit atau sistem navigasi yang ada di smartphone anda secara nirkabel. HANDS-FREE POWER LIFTGATE. Hands-free power liftgate memungkinkan Anda membuka dan menutup pintu bagasi bahkan ketika tangan Anda penuh hanya dengan menempatkan kaki Anda di bawah sensor yang terletak di bawah bumper belakang, ujar Wahyudi.

Disebutkan, di New Mazda CX-5 tersedia pula AUTO DIMMING INTERIOR MIRROR. Spion tengah memiliki fitur auto-dimming sehingga dapat meredupkan cahaya menyilaukan dari arah belakang secara otomatis saat berkendara di malam hari. 360′ VIEW MONITOR SYSTEM. Empat kamera terpisah memberi Anda tampilan 360° penuh sekitar CX-5 Anda untuk membantu Anda mendeteksi objek disekitar, meminimalkan titik buta, dan menghindari potensi bahaya saat ingin memarkirkan kendaraan ataupun saat berkendara di jalanan yang sempit. Bose 10 Speaker Premium Audio System. Rasakan kualitas audio yang premium saat berkendara. Suara yang merdu dan memukau, dengan setiap speaker dirancang dan ditempatkan secara tepat untuk menghasilkan kinerja yang optimal. Sistem audio premium BOSE dirancang secara khusus untuk kabin dari CX-5, sebut Wahyudi.

Lebih lanjut dipaparkan juga bahwa New Mazda CX-5 memiliki teknologi G-Vectoring Control Plus (GVC Plus). GVC Plus  adalah salah satu cara rekayasa human-centric Mazda yang membuat pergerakan kendaraan Iebih responsif, lebih memberi percaya diri dan tetap lebih nyaman. Saat Anda memasuki tikungan GVC Plus untuk sementara menurunkan torsi mesin untuk mentransfer berat ke roda depan dan meningkatkan cengkeraman. Kemudian saat Anda keluar dari tikungan, torsi mesin dikembalikan untuk rnenggeser berat ke belakang untuk stabilitas yang lebih besar. Akhirnya, gaya rem sedikit diterapkan ke roda depan bagian luar ketika Anda dengan cepat mengembalikan roda kemudi ke posisi tengah untuk keluar dari tikungan agar membantu memulihkan arah lurus kendaraan. Pengaktifan halus dan kontrol yang bekerja di belakang layar sangat mengurangi kebutuhan untuk koreksi kemudi menghaluskan efek G-force untuk mengurangi pergerakan tubuh dan menurunkan tekanan dan kelelahan pada perjalanan panjang. Cruising And Traffic Support (CTS). CTS adalah sistern yang terdiri dari fungsi kontrol akselerasi dan fungsi bantuan kemudi untuk mengurangi kelelahan pengemudi saat berkendara dI jalan bebas hambatan atau jalan raya. Sistem melakukan kontrol akselerasi untuk menjaga jarak konstan antara kendaraan Anda dan kendaraan di depan pada kecepatan kendaraan yang telah ditentukan sebelumnya tanpa Anda harus menggunakan pedal gas atau rem. Lebih jauh lagi, dengan fungsi bantuan kemudi, ketika garis lajur kendaraan terdeteksi, fungsi tersebut membantu pengemudi agar kendaraan tetap berada di dalam garis lajur. Jika garis lajur tidak terdeteksi, fungsi ini rnemberikan bantuan mengemudi bagi pengemudi dalam menjaga kendaraan tetap di jalur gerak dengan kendaraan di depan. ADAPTIVE LED HEADLIGHTS (ALH). Adaptive LED Headlights (AL1-1) Mazda memberikan teknologi lampu utama terbaik, menerangi jalan di depan seolah-olah siang hari dan memungkinkan siapa saja untuk menikmati berkendara yang aman dan bebas dari cemas kapan saja sepanjang hari. Sistem ini meningkatkan visibilitas di malam hari untuk rnembantu pengemudi tetap waspada dengan menggabungkan tiga teknologi seperti lampu jauh bebas silau yang secara otomatis meredupkan sebagian dari area yang cliterangi untuk menghindari silau bagi pengemudi lain. Lampu dekat yang menerangi area yang lebih luas pada kecepatan rendah. Mode jalan bebas hambatan yang membantu Anda melihat lebih jauh saat berkendara dengan kecepatan tinggi, papar Wahyudi.

CX-5 menggunakan mesin Skyactiv berbahan bakar bensin dengan kapasitas 2.5L yang memiliki tenaga sebesar 190ps dan torsi 252 Nrn. Selain itu mesin ini dilengkapi dengan teknologi cylinder deactivation yang dirancang untuk meningkatkan penghematan bahan bakar clengan menonaktifkan 2 dari 4 silinder saat mengemudi. Fungsi ini secara otomatis menentukan mana yang lebih baik untuk pengemudian; 4 silinder atau 2 silinder, terlepas dari operasi pengemudi, dan melakukan perpindahan secara otomatis. Silinder satu dan empat dinonaktifkan dalam situasi berkendara ringan, seperti saat melaju dengan kecepatan konstan. I -STOP. i-stop menghemat bahan bakar dengan mematikan mesin secara otomatis saat kendaraan dalam keadaan statis dan menyalakannya kembali saat kendaraan kembali bergerak. Teknologi kontrol terbaru menciptakan nuansa operasional restart mesin yang cepat dan hampir tidak terasa. Untuk di Bali New Mazda CX-5 ada dua type, untuk type Elite dibanderol Rp. 636.600.000 dan untuk type Kuro di babderok Rp.646.600.000, ungkap Wahyudi.(pur)
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments