Kamis, Februari 22, 2024
BerandaBisnisTM Roh: Ciptakan Inovasi dan Pengalaman Baru Khas Samsung adalah Kunci Kemajuan...

TM Roh: Ciptakan Inovasi dan Pengalaman Baru Khas Samsung adalah Kunci Kemajuan ke Masa Depan

(WARTADEWATA.COM) – Dalam kunjungannya ke Vietnam baru-baru ini, TM Roh, President and Head of Mobile eXperience (MX) Business, Samsung Electronics berbagi pemikirannya tentang kondisi industri mobile, mengungkapkan keyakinannya bahwa inovasi yang berkesinambungan dan penciptaan pengalaman yang unik akan menjadi kunci dalam memperkuat kepemimpinan Samsung. 

Terlepas dari iklim ekonomi saat ini, penjualan global Galaxy S23 Series sangatlah positif. TM Roh percaya bahwa hal ini dimungkinkan dengan hadirnya beberapa inovasi mobile baru yang dikembangkan berdasarkan umpan balik konsumen, yang menetapkan standar baru dalam pengalaman smartphone premium. Hal ini termasuk fitur-fitur canggih kamera pada smartphone Galaxy S23 Series, yang diwakili oleh Nightography; pengalaman bermain game yang mulus yang didukung oleh kinerja perangkat yang mumpuni; One UI 5.1 yang nyaman dan mudah digunakan; penggunaan bahan daur ulang yang sadar lingkungan pada Galaxy S23 Series, serta pengoptimalan aplikasi pihak ketiga melalui kolaborasi terbuka dengan mitra global. 

Dia menegaskan bahwa lebih dari sebelumnya, konsumen sekarang memprioritaskan reliabilitas dalam urutan hal-hal yang harus dimiliki perangkat. TM Roh mengatakan, “Konsumen kami mencari produk yang lebih reliabel, merek yang dapat diandalkan, dan produk kelas atas premium yang dapat memberikan pengalaman yang baik.” 

Pendekatan Tiga Jalur untuk Memimpin Pasar Mobile

Memperhatikan bahwa tren preferensi konsumen ini akan bertahan untuk jangka panjang, ia memaparkan pendekatan tiga jalur yang dilakukan Samsung untuk merespons tantangan di pasar mobile secara efektif, dan pada saat yang sama, membuka jalan bagi Samsung untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar:

  • Kualitas Premium: Dengan perangkat mobile flagship Samsung pada inti dari strategi ini, Samsung berfokus untuk terus meningkatkan kualitas produk dari semua perangkat Samsung Galaxy, memastikan bahwa perangkat-perangkat ini tidak hanya memberikan pengalaman pengguna, tetapi juga memberdayakan konsumen untuk bekerja dengan lebih baik sesuai dengan cara yang mereka inginkan.
  • Mendukung Pengalaman dan Kemungkinan Baru: Samsung memfokuskan upayanya untuk memampukan konsumen memperoleh pengalaman dan kemungkinan baru melalui jajaran produk Galaxy yang inovatif dengan terus menciptakan dan menyediakan inovasi dan pengalaman baru tidak hanya dalam inovasi perangkat keras, tetapi juga dalam perangkat lunak dan AI, yang hanya dapat disediakan oleh Samsung. 

Sebagai contoh, Samsung tidak hanya memelopori kategori ponsel lipat tetapi juga membuat ponsel lipat menjadi mainstream, dengan kategori produk ini berkembang semakin populer secara global. Fokus pada pengalaman premium ini juga didorong oleh fitur-fitur seperti pengalaman layar besar pada Galaxy Z Fold series, pengalaman pocketability dan selfie yang disempurnakan pada Galaxy Z Flip series, serta kemampuan Nightography dan kamera yang luar biasa pada Galaxy S23 Series, yang dimungkinkan melalui inovasi teknologi AI.

  • Galaxy untuk Semua Orang: Akhirnya, meskipun smartphone kini telah lekat dengan kehidupan kita sehari-hari, masih banyak konsumen di luar sana yang belum memiliki smartphone. Oleh karena itu, Samsung ingin membuat perangkat Galaxy lebih mudah diakses oleh semua orang, dan pada harga yang lebih terjangkau, untuk membantu lebih banyak pengguna menjalani kehidupan terbaik mereka.

Di Vietnam, Samsung baru-baru ini meluncurkan Samsung Finance+, yang memungkinkan konsumen untuk memiliki ponsel Samsung Galaxy dengan opsi pembiayaan mikro yang cepat, nyaman, dan terjamin yang disediakan oleh mitra keuangan, di Samsung Experience Store. Samsung Finance+ saat ini juga tersedia untuk konsumen di Thailand dan Indonesia.

Menghadirkan Pengalaman Mobile yang Luar Biasa untuk Semua

“Di MX Business di Samsung Electronics, tujuan kami adalah memberikan pengalaman yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen, baik saat ini maupun di masa depan, melalui produk-produk dari berbagai segmen,” tegas TM Roh.

Dipandu oleh pemahaman yang kuat tentang kebutuhan dan preferensi konsumen dari berbagai wilayah dan segmen, kami ingin memastikan bahwa kami memberikan berbagai pengalaman mobile berkualitas yang diinginkan konsumen. Hal ini sangat penting terutama di pasar yang beragam di wilayah Asia Tenggara dan Oseania.

“Bagi konsumen yang mencari smartphone premium, kami menawarkan Galaxy S Series dan perangkat foldable. Bagi mereka yang mencari produk yang lebih terjangkau namun tetap dapat menikmati pengalaman mobile yang didukung oleh konektivitas 5G, kami memiliki Galaxy A Series,” jelas TM Roh.

Berinovasi untuk Masa Depan

Ke depannya, TM Roh mengatakan bahwa konsumen di Asia Tenggara dan Oseania serta di dunia global semakin mengharapkan pengalaman perangkat yang lebih mulus, yang berpusat pada smartphone.

Dia menyebutkan ekosistem Galaxy, dengan smartphone, wearables, dan tablet, sebagai contoh dari pengalaman yang tak tertandingi ini, sekaligus berkesinambungan, yang dapat menyederhanakan kehidupan konsumen. “Kami telah memperkuat seluruh pengalaman multi-perangkat kami agar perangkat Galaxy dapat terhubung lebih baik dengan jajaran TV dan elektronik rumah tangga seperti AC dan kulkas. Ini adalah salah satu kekuatan terbesar kami yang membedakan ekosistem Galaxy dari para pesaing. Kami akan terus membangun pengalaman multi-perangkat yang lebih kuat dan mulus, termasuk memperkuat upaya pelokalan untuk mengoptimalkan bagaimana teknologi dapat menyatu dengan keseharian pengguna melalui platform SmartThings kami,” ungkap TM Roh.

TM Roh percaya bahwa masih banyak potensi untuk berinovasi di pasar mobile di berbagai bidang. Inovasi form factor, seperti perangkat foldable, akan memperkaya seluruh ekosistem, mendorong pengembangan aplikasi pihak ketiga dan pengalaman pengguna yang baru dan ini terus mendefinisikan ulang batasan yang dapat dilakukan oleh perangkat mobile.

Dia juga menyebutkan bagaimana kemitraan dengan Google dan Qualcomm, yang diumumkan pada Galaxy Unpacked 2023, akan mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan baru untuk aplikasi extended reality (XR), sementara penciptaan layanan dan konten bertenaga AI yang baru, atau pengalaman cerdas di dalam kendaraan dan elektronik rumah tangga yang lebih cerdas, juga akan berkontribusi pada inovasi ponsel di tahun-tahun mendatang, sebut TM Roh..

“Kami akan terus sibuk menghadirkan inovasi-inovasi baru kepada konsumen kami. Seluruh industri smartphone dan mobile akan terus berkembang dan tumbuh di masa depan,” ujar TM Roh.(rls)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments