Selasa, Mei 28, 2024
BerandaGADGETTips File Transfer Cepat dan Praktis, Pakai Samsung Quick Share

Tips File Transfer Cepat dan Praktis, Pakai Samsung Quick Share

(WARTADEWATA.COM) – Mentransfer file antar perangkat kadang terasa rumit dan menghabiskan banyak waktu, tetapi Samsung Electronics telah menyederhanakan proses berbagi file. Bagi pengguna Galaxy yang ingin berbagi foto, video, dan berbagai file ke perangkat Galaxy, smartphone, atau PC lainnya, cukup gunakan fitur Quick Share. Pertama diperkenalkan pada tahun 2020, fitur berbagi file unggulan Samsung memungkinkan pengiriman berbagai jenis file dengan cepat, mulai dari foto dan catatan sederhana hingga video besar dan dokumen bisnis yang membutuhkan keamanan ekstra. 

Berikut beberapa kemudahan yang diberikan fitur Quick Share:

  1. Berbagi File Gambar Asli Tanpa Penurunan Kualitas

Ketika bertemu dengan teman yang lama tidak dijumpai, atau setelah hang out dengan sahabat di akhir pekan, mengabadikan momen bersama ini sangatlah penting. Jika jumlah foto-foto yang dikumpulkan cukup banyak, tidak perlu khawatir akan kerepotan membagikannya. Quick Share menyediakan transfer file yang sederhana dalam hitungan detik agar kita tidak repot mengunggah semua foto ke aplikasi chat atau email dan mengunduhnya lagi. 

Keuntungan terbesar dari Quick Share adalah pengguna dapat dengan cepat berbagi foto dengan perangkat Galaxy terdekat hanya dalam beberapa ketukan saja, berapa pun jumlah dan ukuran filenya. Dengan koneksi Wi-Fi atau Bluetooth, pengguna dapat mengirim file hingga ke delapan orang sekaligus.

Menerima file melalui Quick Share pun sangat mudah, mulai dari pengaturan hingga mengirim dan menerima. Untuk menggunakan Quick Share, usap ke bawah dari bagian atas layar perangkat Galaxy Anda dan ketuk ikon Quick Share dari Quick Settings.

Berikut cara menggunakan Quick Share dalam beberapa langkah mudah:

Pilih gambar atau video di aplikasi Galeri atau file dalam folder, lalu klik ikon Share. Setelah menekan ikon Quick Share pada jendela pop-up, perangkat Galaxy yang tersedia yang dapat menerima file akan muncul.

Perangkat Galaxy yang dapat menerima file disusun dalam daftar sesuai dengan preferensi sharing yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pengguna. Ketika perangkat Galaxy lainnya menyetujui transfer file, file akan segera dikirim. File yang dibagikan ini dapat langsung ditemukan di folder Quick Share yang dibuat di aplikasi Gallery tanpa proses pengunduhan terpisah.

  1. Berbagi dengan Cepat dan Mudah dengan Perangkat Non-Galaxy

Quick Share membuat berbagi file menjadi mudah, tidak hanya di antara perangkat Galaxy, tetapi juga dengan smartphone lain.

Ketika menggunakan Quick Share dengan pengguna non-Galaxy, cukup pilih file yang ingin dibagikan melalui Quick Share dan ambil salah satu opsi: Copy link, Share in an app atau Share using QR code. Jika pengguna memilih untuk berbagi file menggunakan kode QR, penerima file cukup menyalin atau memindai kode tersebut dan menerima file secara instan di ponsel atau perangkat mereka. Selain itu, file yang diunggah ke Samsung Cloud juga dapat dibagikan ke orang lain.

Jika Share in an app dipilih, tautan dapat langsung dikirim melalui chat, sehingga menjadi cara yang efektif untuk berbagi file ke beberapa orang sekaligus dalam group chat. Selain itu, pengguna dapat mengirim foto dan video asli dalam kualitas tinggi tanpa mengkhawatirkan kualitas gambar yang menurun akibat kompresi file.

File yang diunggah ke Samsung Cloud secara otomatis dihapus setelah jangka waktu tertentu, sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna.

  1. Berbagi Dengan Cepat Dengan Berbagai Perangkat Seperti Tablet dan Laptop

Quick Share dapat digunakan pada perangkat Galaxy apa pun yang dilengkapi dengan fitur tersebut, termasuk smartphone dan tablet Galaxy.

Berbagi file di antara berbagai jenis perangkat Galaxy juga mudah dan tanpa hambatan. Untuk mengirim file dari smartphone Galaxy Anda ke Galaxy Tab, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur Quick Share pada kedua perangkat sebelum memilih file dan penerima.

Aman Berbagi File dengan Private Share

Saat berbagi file yang berisi informasi pribadi atau finansial yang penting, Samsung Private Share hadir untuk membantu Anda berbagi file dengan aman.

Berbeda dari Quick Share, yang menggunakan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth, Private Share mendukung enkripsi file dengan memanfaatkan blockchain. Pengguna dapat mengirim berbagai macam file melalui Private Share, termasuk gambar, video, audio, dan dokumen. Dua puluh file dengan total hingga 200MB dapat dikirim sekaligus ke penerima yang ditunjuk dengan menggunakan nomor telepon dan nomor identifikasi.

Fitur yang paling menonjol dari Private Share adalah pengguna dapat mengontrol izin akses penerima dan tanggal kedaluwarsa file. Sebelum berbagi, pengguna dapat mengatur jumlah waktu file dapat dilihat serta bagaimana penerima dapat menggunakan file tersebut. Pengguna juga dapat menyesuaikan pengaturan dan mencabut izin berbagi bahkan setelah file dikirim.

Selain itu, pengirim dapat memeriksa apakah penerima telah menerima file, apakah mereka telah membukanya serta kapan waktu file tersebut dibuka. Untuk memastikan kerahasiaan, file ini tidak dapat diunduh, dan tangkapan layar tidak dapat diambil, sehingga mencegah file dibagikan dengan pihak yang tidak memiliki akses.

Selain Quick Share dan Private Share, pengguna Galaxy juga dapat menggunakan metode berbagi file lainnya, seperti Dropship serta Nearby Share, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim konten sesuai dengan keinginan mereka.

Mulai dari berbagi file penting di lingkungan bisnis hingga berbagi foto dan video dengan teman dan keluarga, fitur Quick Share dan Private Share Samsung Galaxy memungkinkan komunikasi yang semakin lancar di era digital dengan kenyamanan, keamanan, dan kegunaan yang beragam.(rls)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments