Rabu, Februari 28, 2024
BerandaGaya HidupTips #Cari_Aman Agar Motor Kopling Tidak Mati Saat Macet

Tips #Cari_Aman Agar Motor Kopling Tidak Mati Saat Macet

(WARTADEWATA.COM) – Kopling adalah komponen pada motor yang fungsinya menghubungkan mesin dan transmisi. sehingga tenaga pada mesin ke transmisi bisa diputuskan atau disambungkan sesuai kebutuhan ketika perpindahan gigi. Cara mengendarai motor kopling tidak semudah yang dibayangkan. mengendarai motor kopling jauh lebih melelahkan. Melelahkan tangan, kaki, dan pikiran yang harus memperhitungkan kondisi jalanan. Apalagi jika dijalan macet Cara mengendarai motor kopling saat kondisi jalanan macet harus disertai dengan kesigapan dan tidak boleh panik.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan saat mengendarai motor kopling agar tetap aman dan tidak mati apalagi saat jalalan macet . Team Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius, membagikan Berikut tipsnya :
1. Jangan Tarik kopling dengan 1 jari namun dengan 4 jari
2. saat mau jalan, lepas kopling dan buka gas seirama dan perlahan
3. saat berhenti, tutup gas , lakukan pengereman dan menarik tuas kopling saat berhenti
4. ketika macet, gunakan gigi netral agar kopling tidak cepat aus dan tangan tidak cepat pegal
Cara kerja motor kopling tidak bisa dikatakan mudah untuk pemula, namun tidak juga sulit jika sudah terbiasa menggunakannya. Kerja kopling yang sederhana ini biasanya dimodifikasi dengan adanya tuas sehingga bisa lebih mudah lagi dioperasikan.

“Jika ingin gesit pada saat pemakaian, kita hatus paham betul cara kerja kopling yang dikendarai. Jangan pernah mengoperasikan tuas kopling setengah karena fungsi dari engine brake tidak akan bekerja dengan baik.Semoga tips ini dapat membantu pengendara motor kopling atau pemula selalu #Cari_Aman dimana pun berada. Kami berharap pengendara bisa lebih sabar dan dapat mengendalikan emosi saat berkendara ketika berada di tengah kemacetan yang memang menjadi situasi yang tidak nyaman bagi pengguna jalan raya,” ujar Yosepth.(dha)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments