Jumat, Juli 19, 2024
BerandaOTOMOTIFSukses Test Drive All New Daihatsu Xenia Bareng Jurnalis di Bali

Sukses Test Drive All New Daihatsu Xenia Bareng Jurnalis di Bali

(WARTADEWATA.COM) – Setelah All New Daihatsu Xenia  dilaunching pada 14 November 2021 lalu di Bali, kini giliran beberapa awak media di Bali bisa merasakan dan membuktikan ketangguhan All New Xenia secara utuh. Hal ini dibuktikan dengan digelarnya Test Drive All New Daihatsu Xenia bareng Jurnalis di Bali pada Jumat (10/12/2021). Test drive All New Xenia mengambil start di diler Daihatsu Sanur selanjutnya menuju Pering-Kintamani-Penglipuran- By Pass Ida Bagus Mantra hingga kembali finish di diler Daihatsu Sanur.
Pertama saat ingin mengendarai mobil yang satu ini, yang paling dirasakan yakni All New Daihatsu Xenia memberikan perubahan yang signifikan pada model generasi ketiga ini. Perubahan tersebut yakni sistem penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) menjadi sistem penggerak roda depan (front wheel drive/FWD).
All New Daihatsu Xenia tipe 1.5 R CVT yang dikendarai Made Purnadha (WARTADEWATA.COM), sungguh memberikan kenyamanan serta menunjukkan power yang optimal. Terbukti, ketika All New Daihatsu Xenia menjajal tanjakan tajam serta tikungan yang ekstrem ternyata All New Daihatsu Xenia mampu dengan leluasa melewati medan yang berat tersebut dengan aman tanpa masalah apapun. Putaran mesin tak bisa dikatakan tinggi untuk tanjakan seekstrem itu, cuma antara 2.500-3.500 rpm.
Pun ketika All New Daihatsu Xenia  lewati jalan yang berlubang dan bergelombang ternyata suspensinya yang lembut berfungsi dengan baik sehingga driver dan penumpang pun tidak merasakan goncangan.  Memang dirasakan Rute Test Drive All New Daihatsu Xenia kali ini cukup berani karena melewati daerah ketinggian dengan tanjakan curam  diperkirakan kemiringan 18 derajat hingga 22 derajat serta tikungan tajam dan jalan dua arah pula. Namun semua itu mampu dilewati oleh semua tim test drive All New Daihatsu Xenia.
Yang lebih mengesankan lagi yakni  dari kabin All New Daihatsu Xenia, perkembangannya mengagumkan. Karena sisi dimensi saja panjangnya bertambah sekitar 200 mm serta lebarnya juga bertambah kisaran 70 mm. Nah, dari faktor suara pun patut diacungi jempol karena derungan suara mesin nyaris tidak masuk ke bagian interior, ini berkat insulasi yang ditingkatkan. Pun demikian dengan getaran di kabin sudah sangat berkurang, mengingat tidak ada lagi drive shaft akibat pergantian sistem penggerak roda belakang  menjadi sistem penggerak roda depan. Para peserta Test Drive All New Daihatsu Xenia di Bali dimanjakan dengan dengan tampilan Head Unit 9 Inci yang disertai Android Auto serta Apple CarPlay pada Xenia 1.5 R CVT. Ini tentu semakin meningkatkan kenyamanan sepanjang Test Drive All New Daihatsu Xenia.
Dari segi keselamatan pengendara, All New Xenia dilengkapi fitur keamanan spesial tertinggi dan pertama di kelasnya, yaitu Daihatsu A.S.A (Advances Safety Assist). Tak hanya itu, All New Xenia juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan lainnya, seperti ABS (Antilock Brake System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), dan Dual Airbag. Pada sisi keamanan, All New Xenia juga menyematkan fitur Window Jam Protection, Immobilizer, serta Rear parking Camera & 360 degrees Around View Monitor untuk memudahkan visibifitas pengendara saat bermanuver mundur. Dengan lampu LED yang modern, serta polished alloy wheel yang sporty, membuat All New Xenia tampil futuristik. Dengan ground clearance setinggi 205 mm, serta radius putar sejauh 4,9 meter, membuat Xenia semakin mudah dalam bermanuver saat dikendarai.
Sebagai kendaraan Low MPV berkapasitas 7 penumpang, All New Xenia hadir dengan 2 pilihan mesin 1.3L dan 1.5L berteknologi NR-VE Dual VVT-I, serta transmisi CVT, membuat All New Xenia memiliki performa bertenaga, responsif, akselerasi yang halus, dan efisiensi bahan bakar lebih baik.
Arief Budianto, selaku Kepala Cabang Astra Daihatsu Denpasar Cokro-Tabanan-Gianyar, didampingi Kepala Cabang Daihatsu Singaraja, I Wayan Sumerta, serta Luh Citra Pertiwi, Kepala Cabang Daihatsu Sanur, disela-sela acara
Test Drive All New Daihatsu Xenia mengatakan, mobil RWD memang lebih tangguh di tanjakan ketimbang FWD. All New Xenia dirancang agar tetap kuat stop and go di tanjakan curam dalam kondisi penuh penumpang. “Demi membuktikannya, kami sengaja mengajak jurnalis mengetes All New Xenia,” ujarnya.
Arief Budianto menjelaskan All New Xenia bahkan lolos tes internal yaitu melaju secara stop and go di tanjakan berkemiringan hingga 18 derajat. Daihatsu mengisi unit yang diuji dengan tujuh penumpang berbobot rata-rata masing-masing 65 kg serta bobot tambahan 50 kg. All New Xenia FWD 1.3 di tanjakan antara lain disebabkan oleh penyesuaian Engine Control Unit (ECU) yang mereka lakukan, jelasnya.
Arief Budianto menambahkan, All New Xenia yang merupakan generasi ketiga ini, menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture), yakni platform terbaru Daihatsu yang dikembangkan dengan konsep: Kualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau, Teknologi Terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.(pur)
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments