Sabtu, Maret 2, 2024
BerandaPENDIDIKANSinergi #Cari_Aman Lewat Seminar Safety Riding UNDIKNAS Bersama Astra Motor, POLDA dan...

Sinergi #Cari_Aman Lewat Seminar Safety Riding UNDIKNAS Bersama Astra Motor, POLDA dan Jasa Raharja

(WARTADEWATA.COM) – Astra Motor Bali melalui team safety riding bekerjasama dengan kampus Undiknas serta bersinergi dengan Polda Bali dan Jasa Rahaja mengadakan kegiatan bersama dalam bentuk Seminar yang diberi tajuk “ Bangga Menjadi Generasi #Cari_Aman “ yang dilaksanakan pada Selasa (26/9/2023). Hadir dalam seminar safety riding ini kepala unit informasi dan tehnologi Undiknas Bapak Ir. Gede.Humaswara Prathama,S.T, M.T kemudian dari Polda Bali hadir Ibu Ni Wayan Yanti Susanti,SH.,M.H. selaku Kasi Audit dan Inspeksi Subditkamsel Ditlantas Polda Bali. Dan juga hadir Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabanag Bali,Bapak Abubakar Aljufri,S.E.

Kegiatan seminar yang melibatkan 150 mahasiswa dari kampus Undiknas ini diawali dengan mengikuti pre test quizis pertanyaan seputaran keselamatan berkendara. Usai kuis peserta langsung dimulai dengan materi pertama dipaparkan oleh Ibu Ni Wayan Yanti Susanti,SH.,M.H. selaku Kasi Audit dan Inspeksi Subditkamsel Ditlantas Polda Bali yang menyampaikan angka kecelakaan yang terjadi sepanjang Januari hingga September 2023 dengan korban kebanyakan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum range usia 18-35 tahun. Hal ini di sebabkan adanya kelalaian maupun pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan diantaranya penyebab dari faktor pengemudi, faktor jalan,faktor kondisi kendaraan dan faktor lingkungan.

Selanjutnya materi yang tidak kalah menariknya dipaparkan oleh Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabanag Bali, Abubakar Aljufri,S.E.dengan sangat terperinci menyampaikan manfaat dan perlindungan yang di berikan Jasa Raharja kepada masyarakat, kemudian prosedur pelayanan Jasa raharja, dilanjutkan dengan pengajuan santunan apabila terjadi kejadian kecelakaan serta jenis kecelakaan yang tidak dijamin dan dijamin sesuai UU no 34 tahun 1964, jucto PP No. 18 tahun 1965. Lebih seru lagi dibagikannya 10 helm SNI kepada 5 peserta yang mengajukan pertanyaan pertama dan mahasiswa yang menjadi pemenang games quizis.
Materi selanjutnya di bawakan oleh team safety riding Astra Motor Bali Yosept Klaudius, yang memaparkan bagaimana cara memprediksi bahaya di jalan raya serta kelengkapan berkendara yang wajib di gunakan oleh pengemudi maupun pembonceng. Bahaya yang sewaktu-waktu bisa terjadi dijalan raya menjadi focus pembahasan karena menjadi hal penting yang diketahui peserta yang berkaitan dengan penyebab kecelakaan yang disampaikan materinya oleh pihak Polda Bali.
Diskusi yang sangat interaktif terjalin dengan ketiga narasumber seminar ini dan antusias para mahasiswa saat melontarkan pertanyaan yang sangat kritis kepada para narasumber.

PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan kegiatan kolaborasi saling bersinergi antara kampus Undiknas, Polda Bali , Jasa Raharja dan Astra Motor Bali dapat memberikan manfaat dan dampak yang postif kepada mahasiswa sehingga dapat lebih memahami prilaku berkendara dan berlalu lintas yang baik.
“Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, kerjasama yang suskes ini dapat semoga dapat memberikan output yang baik sebagai salah satu upaya menekan angka kecelakaan diusia produktif dan edukasi safety riding ini mampu memberikan skill dan attitude yang setidaknya mampu melindungi diri sendiri sesuai dengan tema seminar kali ini“ Bangga Menjadi Generasi #Cari_Aman,” ujar Iswahyudi.

Kegiatan seminar di tutup dengan penyerahan cendramata dari masing -masing narasumber serta hadiah quisis kepada peserta mahasiswa yang beruntung.(dha)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments