Kamis, Februari 22, 2024
BerandaOTOMOTIFTips #Cari_Aman Berkendara di Musim Hujan

Tips #Cari_Aman Berkendara di Musim Hujan

(WARTADEWATA.COM) – Akhir-akhir ini pulau Bali diguyur hujan deras, banjir dimana-mana. Bagi pengendara motor banyak yang harus dipersiapkan sebelum menggunakan sepeda motor dimusim hujan ini. Tidak hanya persiapan diri, tingkat kewaspadaan tinggi juga menjadi hal penting.
Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius memberikan tips persiapan saat berkendara di musim hujan.
1. Persiapan diri, memastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit sebelum melakukan perjalanan karena hal ini mempengaruhi fokus ketika berkendara saat hujan melanda
2. Pengecekan Rem, memastikan kondisi pengereman baik karena pengereman saat hujan usahakan porsi mengerem seimbang 50/50 untuk rem depan dan rem belakang dan meremas tuas lebih halus.
3. Pengecekan Ban dan lampu, memastikan dapat berfungsi dengan baik. Lampu wajib menyala untuk membantu pengendara melihat jalan dengan jelasdalam kondisi hujan dan jalan yang tergenang air. Sedangkan ban adalah salah satu bagian penting yang harus dicek apakah masil layak atau sudah aus atau gundul terlebih digunakan saat kondisi hujan.

Selain hal -hal tersebut diatas, perlengkapan berkendara lainnya juga harus dipersiapkan yakni: 1. Jas Hujan : Pilih jas hujan model 2 piece jangan 1 piece (ponco) karena jas hujan tersebut rawan terselip di kendaraan lain dan mengganggu kestabilan saat pengendara terkena angin. Pilih bahan yang tebal, lebih kuat dan air tidak mudah merembes. Pilihlah warna yang mencolok agar mudah terlihat pengendara lain saat malam.
2. Untuk menambah keamanan gunakanlah cover jas hujan untuk sepatu, hal ini untuk melindungi sepatu agar tidak basah.
3. Saat menyimpan Jas hujan jangan langsung dijemur tepat dibawah terik matahari, cukup diangin2kan dan simpan dalam suhu kamar untuk menjaga kualitas bahan
Ketika hujan tidak reda, coba kurangi kecepatan, hindari pengereman mendadak agar ban tidak slip akibat jalan licin. Upayakan menjaga jarak antar pengendara lainnya terlebih jarak pandang pendek untuk mengindari terjadinya kecelakaan.

Kewaspadaan tetap dijaga karena hujan yg terus turun akan mengakibatkan air tergenang dan bisa jadi ada jalanan berlubang yang dapat membahayakan pengendara. Jika hujan terus menerus deras, sebaiknya berteduh di tempat yang aman tidak dibawah pohon untuk menghindari potensi pohon tumbang. Apabila hujan masih sangat lebat sebaiknya menepi dan menunggu hujan agak reda, tidak disarankan untuk melanjutkan perjalananan.

“Sejumlah tips berkendara saat kondisi hujan dan persiapan – persiapan yang perlu dilakukan adalah salah satu upaya untuk tetap #Cari_Aman dan selalu safety riding dikondisi apapaun saat berkendara dengan menggunakan sepeda motor,” ungkap Yoyo.(dha)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments