Sabtu, April 13, 2024
BerandaTERKINIPeringati HUT ke-66, Danamon Tanam 10 Ribu Pohon Mangrove

Peringati HUT ke-66, Danamon Tanam 10 Ribu Pohon Mangrove

Dengan semangat #BersamaBersinergi, Danamon melalui program Danamon Peduli adakan kegiatan sosial penanaman pohon mangrove dan pembangunan taman kota di Bali, dalam rangka mewujudkan visi Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan 

(WARTADEWATA.COM) – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) kawasan Bali Nusra Sabtu (16/7/2022) melaksanakan kegiatan sosial berupa penanaman 10.000 pohon mangrove. Peduli Lingkungan Danamon Peduli 2022 ini kerja sama dengan Kelompok Nelayan Prapat Agung Mengening Patasari Kuta, UPTD Tahura Ngurah Rai dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Denpasar. Tak hanya itu, Danamon kawasan Bali Nusra juga menginisiasi pembangunan taman kota di kawasan Kuta, Bali, dengan melibatkan karyawan Danamon dan komunitas setempat.

Sebagai bagian dari keluarga MUFG, Danamon berkomitmen untuk mencapai net-zero emission dalam kegiatan operasional dan usaha pada 2030. Untuk itu, Danamon telah secara proaktif menerapkan berbagai tindakan dalam mengurangi emisi karbon, antara lain dengan memasang solar panel di gedung-gedung Danamon, dan mengajak karyawan serta komunitas untuk memasang solar panel melalui program pembiayaan yang mudah dan ringan, serta melakukan perkiraan dan pengaturan emisi Gas Rumah Kaca secara grup, termasuk anak perusahaan Adira Finance. Sehingga pada tahun fiskal 2021, Danamon berhasil menurunkan kadar emisi sebesar 24,6% sejak tahun 2019 sehingga berada di 45.3K CO2e Metrik Ton. Upaya-upaya Danamon dalam mendukung program pengembangan yang berkelanjutan juga telah mendapatkan pengakuan berupa Sertifikat Platinum Bangunan Hijau dari Green Building Council Indonesia yang diberikan pada Maret tahun ini. 

(Foto/ist) PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) kawasan Bali Nusra Sabtu (16/7/2022) melaksanakan kegiatan sosial berupa penanaman 10.000 pohon mangrove.

“Seluruh upaya ini didasari oleh pemahaman bahwa tren transisi hijau yang sedang terjadi di Indonesia akan terus berlanjut seiring dengan meningkatnya kesadaran akan berbagai masalah lingkungan yang disebabkan oleh berbagai kegiatan masyarakat dan bisnis. Ditambah dengan Indonesia yang telah menetapkan tujuannya untuk mencapai net-zero emission pada tahun 2060, ke depannya, Danamon juga melihat ketertarikan yang besar dari masyarakat dan pelaku usaha untuk berinvestasi di energi terbarukan Indonesia. Oleh karena itu, Danamon berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan bisnis berkelanjutan, termasuk ketersediaan teknologi ramah lingkungan untuk semua orang dan melalui sinergi dengan komunitas,” ujar I Gusti Agus Indrawan, Regional Head Bali Nusra, PT Bank Danamon Indonnesia Tbk.

#BersamaBersinergi, Wujudkan Komitmen Penurunan Emisi

Dengan tema spesifik “Kontribusi Danamon Dalam Penurunan Emisi Karbon Melalui Penanaman Pohon”, kegiatan ini merupakan wujud dari semangat #BersamaBersinergi sebagai tema besar HUT ke-66 Danamon. Di mana Danamon bersama pemerintah, komunitas, dan karyawan bersinergi dan berkolaborasi untuk bersama menjaga lingkungan melalui penurunan kadar emisi karbon serta efek gas rumah kaca.

Agus mengatakan, “Danamon berkomitmen untuk mendukung pengembangan bisnis berkelanjutan dengan mengurangi dampak lingkungan dan sosial yang negatif sebagai akibat dari kegiatan bisnis atau usaha dan operasional yang dilakukan, aktif bekerja mencari solusi untuk masalah lingkungan global melalui kegiatan bisnis kami, serta mematuhi undang-undang dan peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Tahun 2022 merupakan titik balik kebangkitan ekonomi dan kembalinya optimisme di Indonesia setelah ketidakpastian dan tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19. Danamon yang Sabtu (16/7/2022) memasuki usia ke-66. Ulang tahun kali ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat membanggakan. Perjalanan panjang ini merupakan bukti komitmen Danamon dalam memberikan layanan keuangan dan perbankan terbaik kepada masyarakat Indonesia tidak berhenti termasuk di masa pandemi. Danamon berkomitmen untuk selalu memberikan produk dan layanan terbaik selama masa pandemi kepada para nasabah dan komunitas sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh Danamon, yaitu Berkolaborasi, Integritas, Sigap Melayani dan Adaptif (BISA).

Inilah sebabnya Danamon memilih #BersamaBersinergi sebagai tema HUT tahun ini. Tema ini didasari oleh visi Danamon yaitu Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan, di mana Danamon menjadikan karyawan, nasabah dan komunitas sebagai fokus utama. Tema ini dipilih karena sesuai menggambarkan perjalanan panjang Danamon yang tidak mungkin tercapai tanpa kolaborasi dan sinergi dari semua pihak untuk mencapai Visi Danamon, serta menegaskan komitmen Danamon untuk terus memberikan solusi finansial untuk individual hingga korporasi dan menjadi partner yang setia sebagai “Bank Pilihan Anda” dan mewujudkan brand promise Danamon yaitu memberikan solusi keuangan agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka.

Melalui program Danamon Peduli sebagai bentuk kegiatan CSR Perusahaan, Danamon secara aktif mengampanyekan inisiatif penurunan kadar emisi karbon dan berkolaborasi dengan komunitas tempatnya beroperasi, salah satunya melalui kegiatan Peduli Lingkungan yang melibatkan karyawan serta para pemangku kepentingan lainnya. Kegiatan ini bertujuan mempercepat peningkatan kesejahteraan ekonomi, sosial, dan kualitas lingkungan hidup, serta komunitas masyarakat dan karyawan untuk turut berperan aktif dalam memanfaatkan energi terbarukan, seperti sinar matahari dengan memasang solar panel atau PLTS.

Danamon Peduli mengajak seluruh karyawan Danamon, atau akrab disapa Danamoners, untuk menjadi relawan pejuang emisi karbon dengan berpartisipasi aktif dalam inisiatif pengurangan emisi karbon, seperti dengan meminimalisasi penggunaan listrik, air dan kertas di lingkungan kerja, memasang solar panel di gedung-gedung Danamon dan di rumah pribadi para karyawan, serta menjadi relawan untuk melakukan kegiatan sosial penanaman pohon mangrove serta pohon produktif lainnya, dan pemberdayaan komunitas di area penanaman.

“Sejalan dengan semangat #BersamaBersinergi, ke depannya Danamon akan terus fokus pada upaya kolaborasi dengan karyawan kami dan berbagai elemen masyarakat dan mensinergikan berbagai program untuk penurunan kadar emisi karbon, digitalisasi, serta dukungan pada aspek kesejahteraan masyarakat,” tutup Agus.(rls)

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments