Selasa, Februari 27, 2024
BerandaPENDIDIKANKBA Tegeh Sari Denpasar Berdayakan Potensi Lingkungannya

KBA Tegeh Sari Denpasar Berdayakan Potensi Lingkungannya

(WARTADEWATA.COM) – Kampung Berseri Astra (KBA) Tegeh Sari Denpasar yang terletak di Jl. Gatot Subroto I No.38 Denpasar, Kelurahan Tonja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar-Bali secara kontinyu memberdayakan potensi yang ada di lingkungan Banjar Tegeh Sari.
(Foto/ist)
Hal ini sesuai dengan konsep Kampung Berseri Astra yang merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat. Dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. Melalui program Kampung Berseri Astra ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.
I Gede Mantrayasa, Duta Kampung Berseri Astra Tegeh Sari menjelaskan di bidang Pendidikan, KBA Tegeh Sari mampu menurunkan angka bebas buta aksara, peningkatan angka partisipasi usia sekolah, peningkatan prestasi pendidikan,
beasiswa, peningkatan level PAUD dan lain-lain. Sinergisitas KBA Tegeh Sari dan SDN 5 Denpasar dengan mengadakan Kegiatan Ekstra Kurikuler Lingkungan yang di isi oleh Pengurus Bank Sampah dan Komunitas Sahabat Alam Natah Rare secara reguler setiap hari Sabtu. Menggelar kegiatan World Clean Up Day 2022, mengadakan Pasraman Dharma Gita yang di dampingi oleh Sanggar Seni Natah Rare. Disamping itu berpartisipasi pula dalam Kegiatan Festival Kesehatan Astra Pilar Kesehatan Tahun 2022 berupa Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan memfasilitasi tempat untuk Donor Darah. Mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa terkait kurikulum tahun ajaran 2021-2022. Pengenalan Lingkungan sejak Usia Dini dengan kegiatan berkebun di Kebun Berdaya, jelasnya.
Di bidang Kesehatan, KBA Tegeh Sari melakukan penurunan angka bebas gizi  buruk, peningkatan jumlah kader lingkungan, peningkatan level Posyandu, prestasi bidang  kesehatan, pembinaan PHBS, kegiatan promitif, preventif, dan kuratif di bidang kesehatan lainnya. Dalam Posyandu KBA Tegeh Sari membentuk Kader Posyandu Remaja, pelatihan guna meningkatan kapasitas kemampuan Kader Posyandu, mengedukasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Disamping itu ada pula penyelenggaraan Senam SKJ untuk Lansia, pemeriksaan Kesehatan Lansia oleh RS Bakti Rahayu secara rutin setiap bulannya di minggu pertama. Ada juga Senam AWS3- Sehat Semangat Senang rutin setiap bulan di-minggu ke dua dan ke-empat. Penimbangan Balita rutin setiap bulannya untuk mengetahui tumbuh kembang Balita, ujar Mantrayasa.
Menurut Mantrayasa, di bidang Lingkungan, KBA Tegeh Sari juga melakukan penambahan jumlah zona  penghijauan lingkungan, peningkatan jumlah kader lingkungan, prestasi bidang lingkungan, contoh variasi program lingkungan lainnya: penghijauan lingkungan, dan pengelolaan, dan pemanfaatan sampah atau limbah, atau
perlindungan lingkungan dan lain-lain. KBA Tegeh Sari juga membentuk Bank Sampah Induk Intan Lestari di Gudang Swakelola Sampah Yayasan Br. Tegeh Sari.Membantu terbentuknya Bank Sampah di Desa lain, seperti Bank Sampah Kesiut Arca, Kecamatan Kerambitan Tabanan, Bali. Pembuatan kompos dari sampah kebun dan POC sebagai nutrisi tanaman. Disamping itu juga membuat prototype kebun vertikultur sekaligus ngompos. Program HILIRISASI berupa pengolahan sampah plastik menjadi papan. Pengembangan Swakelola Sampah dengan meningkatkan pelayanan pengangkutan sampah residu dengan menyewa Gudang truck dan sebagai tempat pemilahan sampah sementara, pembelian 1 Armada Truck, Penambahan tenaga kerja pengangkutan sampah, ungkapnya.
Tidak ketinggalan, di bidang Kewirausahaan pun KBA Tegeh Sari melakukan peningkatan jumlah anggota  kelompok usaha, peningkatan jumlah pendapatan masyarakat, intensitas pembinaan, pendampingan & monitoring kewirausahaan berbasis masyarakat, aspek manajemen dan kelembagaan seperti Koperasi/KUBE dan lain sebagainya. KBA Tegeh Sari juga mendirikan Bank Sampah Induk Intan Lestari dengan mengambil sampah hasil pengumpulan Bank Sampah yang
ada di wilayah KBA Tegeh Sari (Bank Sampah Tegeh Sari Lestari, Bank Sampah Sahabat Peduli Bumi, Bank Sampah Sari Dewi, Bank Sampah SDN 5 Tonja). Membuat produk pangan sehat hasil kebun berdaya dan dijual ke warung-warung, pasar serta Kantin SDN 5 Tonja, serta di event-event seperti Festival Kesehatan Astra di Muntig Siokan. Budidaya Magot dan Ayam Upakara. Sampah organik foodwaste dikelola sebagai pakan magot dan selanjutnya magot ini menjadi pakan Ayam, ujarnya.(pur)
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments