Minggu, Mei 19, 2024
BerandaOTOMOTIFHPM Kenalkan All New Honda HR-V, Dibarengi Media Test Drive Di Sirkuit...

HPM Kenalkan All New Honda HR-V, Dibarengi Media Test Drive Di Sirkuit Mandalika

(WARTADEWATA.COM) – Peristiwa mengesankan terjadi pada Senin (23/5/2022), dimana PT Honda Prospect Motor (HMP) memberi kesempatan langka kepada wartawan yakni dengan menggelar test drive bertajuk HR-V Media Test Drive di Sirkuit Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat. Sebanyak 45 Wartawan yang datang dari Jakarta, Surabaya dan Bali diberi kesempatan untuk merasakan langsung performa All New Honda HR-V di Sirkuit Mandalika.

“Dengan menguji langsung, mereka (wartawan.red) bisa merasakan langsung keunggulan All New Honda HR-V, sehingga bisa mempublikasikan sesuai dengan apa yang mereka rasakan,” ungkap presiden Direktur PT HPM Kotaro Shimizu.

All New Honda HR-V mempunyai Grand Concept; “Amp Up Your Life” yang menggabungkan tiga unsur, yaitu; Confidence, Aesthetics serta Pleasure. Confidence disini menggambarkan All New Honda HR-V mempunyai kekuatan layaknya mobil SUV dimana mudah untuk dikendarai serta mempunyai visibilitas yang baik. Aesthetics disini menggambarkan All New Honda HR-V mempunyai daya tarik terhadap orang di sekitar. Tidak hanya itu, All New Honda HR-V mempunya bentuk proporsi yang halus dan juga elegan. Sedangkan Pleasure menggambarkan All New Honda HR-V menghadirkan ruang yang nyaman bagi semua penumpang serta mempunyai ruang kargo yang praktis.

(Foto/ist) Sebanyak 45 Wartawan yang datang dari Jakarta, Surabaya dan Bali diberi kesempatan untuk merasakan langsung performa All New Honda HR-V di Sirkuit Mandalika.
  1. Desain Eksterior

Untuk menghadirkan proporsi yang indah layaknya sebuah mobil coupe dan kabin yang lebih hidup, bagian tengah garis sabuk telah terintegrasi di depan dan di belakang untuk menciptakan desain horizontal yang menekankan arah memanjang serta menampilkan siluet bentuk kabin yang ramping dan panjang. Pada bagian tampak depan menampilkan gril terintegrasi yang khas dimana menyatu dengan bodi, sementara pada saat yang bersamaan juga memberikan tampilan yang lebih menonjol. Bagian belakang mobil memiliki bentuk tiga dimensi yang menyelaraskan fungsionalitas, seperti visibilitas lampu serta pintu bagasi, dengan tampilan yang lebih indah.

  1. Desain Interior

Untuk menghadirkan bentuk proporsi yang lebih baik, ruang kabin pada All New Honda HR-V hadir dengan improvisasi yang signifikan dimana panjang mobil bertambah dan memberikan ruang kaki serta ruang pada lutut yang lebih untuk kabin penumpang bagian belakang dimana bertambah sebesar 35 milimeter dibandingkan generasi sebelumnya. Kursi pada kabin bagian belakang dapat diatur sesuai keinginan dalam tiga mode; Tall, Long serta Utility sesuai kebutuhan.

Pada bagian depan terdapat penambahan ruang kosong antara pilar A dengan kaca spion untuk memberikan visibilitas lebih dalam melihat pergerakan kendaraan lainnya disekitar kita.

Desain kokpit dibuat horizontal mulai dari desain instrumen panel, display audio hingga panel AC. Desain panel AC, tuas transmisi serta pemilihan mode berkendara dibuat sejajar dan juga dapat dengan mudah dijangkau oleh tangan tanpa perlu mengganggu posisi ketika mengemudi.

  1. Mesin Lebih Bertenaga

All New Honda HR-V mengusung mesin yang telah mengalami pembaharuan dengan dua pilihan yaitu; 1.5 liter DOHC i-VTEC yang lebih bertenaga dimana mampu menghasilkan tenaga maksimum yang lebih besar, 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Tersedia pula pilihan mesin 1.5 liter DOHC VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimum yang lebih besar, 177 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 4.500 rpm, terbesar di kelasnya. Untuk semakin menambah sensasi berkendara yang lebih sporty, tersedia fitur SPORT Mode untuk pengaturan performa yang lebih agresif dan didukung fitur Paddle Shift untuk kendali perpindahan transmisi yang lebih sporty. Selain itu, terdapat juga ECON Mode untuk pengaturan karakter berkendara yang lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Masih dari sektor performa, transmisi CVT pada All New Honda HR-V kini dilengkapi dengan teknologi step-up shift control yang dapat diaplikasikan ketika akselerasi mendekati bukaan gas penuh untuk memberikan sensasi berakselerasi yang lebih sporty. Selain itu terdapat pula step-down shift control yang secara otomatis bekerja ketika melakukan manuver pengereman ringan dimana deselerasi terasa lebih baik dan juga putaran mesin tetap terjaga.

  1. Dinamis

Performa dinamis tidak hanya pada sektor mesin dan juga transmisi saja namun juga pada bagian steering serta suspensi pada All New Honda HR-V dimana handling nya kini lebih baik dimana gejala body roll nya pun terasa lebih halus.

Kesenyapan kabin pada All New Honda HR-V juga mengalami peningkatan pada bagian engine order sound serta dash lower panel sehingga tingkat kesenyapan kabinnya ketika berkendara terasa lebih baik serta lebih nyaman.

  1. Fitur Keselamatan Terdepan

All New Honda HR-V kini dilengkapi oleh teknologi keselamatan canggih Honda SENSINGTM yang tersedia di semua varian mulai dari tipe 1.5L S CVT hingga 1.5L Turbo RS CVT. Honda SENSINGTM merupakan rangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan komprehensif bagi pengemudi dan penumpang dengan cara memberikan peringatan hingga secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Fitur-fitur Honda SENSINGTM yang terdapat pada All New Honda HR-V:

  • Collision Mitigation Braking System (CMBS)

Sistem kamera dan perangkat lunak yang memungkinkan penggunaan CMBS dalam lebih banyak situasi seperti mendeteksi pejalan kaki, sepeda dan sepeda motor.

Jika sistem mendeteksi kendaraan, pejalan kaki, atau sepeda dan menentukan adanya potensi tabrakan, sistem akan memperingatkan Anda dengan peringatan tampilan di sistem multi-informasi. Dalam situasi darurat, sistem akan menerapkan pengereman yang kuat untuk menghentikan atau memperlambat kendaraan untuk membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan.

CMBS bekerja ketika sistem menentukan bahwa ada potensi tabrakan, saat bergerak dengan kecepatan 5 km/jam atau lebih, dengan kendaraan, pejalan kaki, atau sepeda yang bergerak. Sistem secara otomatis akan menghentikan atau memperlambat kendaraan Anda untuk membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan akibat tabrakan.

  • Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF)

Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow membantu pengendara untuk mengatur kecepatan yang diinginkan dan membuat kendaraan mengikuti mobil yang ada di depannya, sehingga memungkinkan penggunaan cruise control pada kondisi jalanan yang cukup lenggang.

Sistem ACC mendeteksi jarak kendaraan terhadap mobil di depannya, dan mengatur kecepatan kendaraan untuk menjaga jarak ideal. Jarak pendek, menengah, jauh atau ekstra jauh dapat diaplikasikan pada sistem ACC. Saat dibutuhkan, kendaraan dapat melakukan pengereman otomatis menggunakan modulator Vehicle Stability Assist (VSA). Dengan didukung sistem Low-Speed Follow (LSF), kemampuan untuk mengikuti kendaraan di depan secara otomatis dapat ditingkatkan terutama di tengah jalanan macet dimana kecepatan menurun hingga 0 km/jam.

  • Lane Keeping Assist System (LKAS)

Sistem ini mengurangi beban pengemudi dengan mendukung pengoperasian kemudi agar tetap mengemudi di tengah lajur saat berkendara di jalan raya.

Jika sistem mendeteksi bahwa kendaraan tampaknya meninggalkan jalur, sistem akan memberi peringatan dengan getaran roda kemudi dan peringatan tampilan audio dan multi-informasi. LKAS aktif saat kendaraan bergerak dengan kecepatan 72 km/jam atau lebih.

  • Road Departure Mitigation System (RDM)

Sistem ini mendukung pengoperasian kemudi saat kendaraan kemungkinan besar akan menyimpang dari jalur.Ketika kendaraan kemungkinan akan menyimpang dari jalur tanpa tanda belok, getaran kemudi dan peringatan visual akan menyala.

Selain itu, sistem ini mendukung pengoperasian kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada di jalur sebelum tergelincir. RDM bergerak pada 72 km/jam atau lebih ketika kendaraan berangkat dari jalan atau sistem memprediksi bahwa kendaraan akan keluar dari jalur.

  • Auto High-Beam (AHB)

Auto High Beam membantu memastikan visibilitas pengemudi yang baik dengan beralih antara low beam dan high beam secara otomatis saat mengemudi di malam hari. Sistem ini membantu memberi Anda visibilitas terbaik dan mengurangi jumlah waktu yang Anda perlukan untuk mengganti lampu depan secara manual.

Sistem mendeteksi mobil sebelumnya, mobil yang melaju, dan lampu jalan, dan secara otomatis beralih antara lampu sorot rendah dan tinggi secara otomatis. Selain itu, sistem secara otomatis mengalihkan lampu depan ke lampu jauh saat berkendara di jalan yang gelap di malam hari. Sistem AHB bekerja pada kecepatan 30 km/jam atau lebih.

  • Lead Car Departure Notification System (LCDN)

Sistem memberitahu pengemudi jika mobil di depan mulai berjalan. Pada saat berhenti seperti menunggu di lampu lalu lintas, sistem akan memperingatkan pengemudi tentang pergerakan mobil di depan.

Jika sistem mendeteksi bahwa mobil di depan yang berhenti telah mulai bergerak, sistem akan memperingatkan pengemudi dengan peringatan tampilan di TFT meter. Sistem bekerja ketika mendeteksi start mobil sebelumnya yang berada dalam interval 10 meter berikutnya dan mobil sendiri tidak mulai bergerak.

  1. Fitur Baru

Berikut adalah fitur-fitur baru yang terdapat pada All New Honda HR-V;

  • Hill Descent Control

Fitur ini dapat digunakan ketika mobil melalui medan jalan yang menurun, licin maupun tidak rata. Sistem secara otomatis akan mengendalikan akselerator dan rem untuk menjaga kecepatan ketika melalui medan jalan menanjak. Untuk mengoperasikan sistem ini tidak perlu menginjak pedal gas. Sistem bekerja pada kecepatan 3 hingga 20 kilometer per jam.

  • Panoramic Glass Roof

Untuk pertama kalinya, panoramic glass roof diaplikasikan untuk model All New Honda HR-V. Anda dapat menikmati perjalanan sambil menikmati pemandangan luar dari dalam kabin. Panoramic Glass Roof dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UV hingga 75% dan juga infra merah.

  • New A/C Outlet

All New Honda HR-V mengadopsi New A/C Outlet dengan Air Diffusion Outlet dimana konfigurasi A/C dapat diatur dengan mudah dengan tiga mode pilihan, yaitu; Diffusion, Normal serta Closed.

  • Electrostatic Touch LED Map Light

Electrostatic Touch LED Map Light memudahkan penumpang bagian belakang untuk menyalakan lampu baca cukup dengan hanya menyentuhnya saja.(pur)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments