Kamis, Februari 22, 2024
BerandaEKONOMIEvent Paduan Suara Bertaraf Internasional di Gelar di Bali

Event Paduan Suara Bertaraf Internasional di Gelar di Bali

(WARTADEWATA.COM) – Event paduan suara bertaraf internasional dilaksanakan di Badung, Bali pada 25 hingga 29 Juli 2023. Event ini bertajuk “The 12th Bali International Choir Festival 2023”. Lokasi yang digunakan adalah Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Kabupaten Badung-Bali, Gereja GKPB Galang Ning Hyang Abianbase,
Ruang Kerta Gosana – Kantor Bupati Badung, serta Discovery Kartika Plaza Hotel Kuta.

Peserta selain berasal dari seluruh Indonesia juga berasal dari luar negeri, diantaranya Filipina,
Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Sri Lanka, Italia, China, Taiwan, Spanyol, dan Jerman. Untuk
juri, ada nama Tommyanto Kandisaputra (Indonesia), Agastya Rama Listya, Ph.D (Indonesia), Dr. Andrea Angelini (Italia), Dr. Beverly Shangkuan-C heng (Filipina), Dr. Cameron F. LaBarr (USA), Jean Baptiste-Bertrand (Perancis), dan banyak lagi.

Ketua Panitia Pelaksana Frederich Henoch Samalang mengatakan visi dan misi event ini antara lain membangun paduan suara di Indonesia dan dunia melalui festival paduan suara yang
melibatkan kegiatan kompetisi, edukasi, kolaborasi dan konser serta membangun karakter manusia seutuhnya melalui kegiatan seni.
“Kami juga ingin membangun persahabatan antar peserta paduan suara Indonesia dan komunitas
paduan suara dunia sekaligus menciptakan “mutual networking” yang luas dan akrab.
Menyediakan festival di Indonesia yang bertaraf internasional dengan kualitas tinggi, dipercaya
dengan juri yang dikenal memiliki reputasi dunia,” ujar Frederich.

Ia berharap event ini menyemarakkan pariwisata di Bali secara khusus dan Indonesia pada umumnya dengan membawa paduan suara internasional ke semua festival yang diadakan Bandung Choral Society di Indonesia. Bandung Choral Society merupakan organisasi pelaksana yang pelindung dan penasehatnya Komjen Pol. Dr. Petrus R. Golose, Kepala BNN RI yang juga mantan Kapolda Bali.

Presiden Bandung Choral Society yang juga Direktur Artistik dalam BICF ke-12, Tommyanto Kandisaputra, menjelaskan visi dan misi event ini antara lain membangun paduan suara di Indonesia dan dunia melalui festival paduan suara yang melibatkan kegiatan kompetisi, edukasi, kolaborasi dan konser serta membangun karakter manusia seutuhnya melalui kegiatan seni. “Kami juga ingin membangun persahabatan antar peserta paduan suara Indonesia dan komunitas paduan suara dunia sekaligus menciptakan “mutual networking” yang luas dan akrab. Menyediakan festival di Indonesia yang bertaraf internasional dengan kualitas tinggi, dipercaya dengan juri yang dikenal memiliki reputasi dunia,” jelas Tommyanto.

Tommyanto berharap event ini menyemarakkan pariwisata di Bali secara khusus dan Indonesia pada umumnya dengan membawa paduan suara internasional ke semua festival yang diadakan
Bandung Choral Society di Indonesia.

Salah satu juri The 12th Bali International Choir Festival dari Malaysia, Susanna Saw, mengaku sangat senang melihat penampilan paduan suara dari Indonesia karena penampilannya yang membawa ciri khas masing-masing daerah. Dari tahun ke tahun, kualitas penampilan paduan suara juga menunjukkan peningkatan.

Juri lainnya digelaran The 12th Bali International Choir Festival (BICF) 2023 yakni Jean Baptiste-Bertrand dari Prancis dan Gene Peterson dari Amerika Serikat mengaku terkejut dengan kualitas paduan suara dari Indonesia saat pertama kali menjadi juri. la mengaku sangat terkesan dengan penampilan paduan suara dari Indonesia karena tak hanya memiliki kualitas vokal yang baik, para penyanyi juga mengenakan baju yang unik dan menonjolkan kebudayaan Indonesia, kata Jean Baptiste-Bertrand.

Sementara itu, Gene Peterson mengaku di negaranya, selalu berupaya untuk mengajak para penyanyi berpartisipasi dalam BICF. Sebab, BICF dinilainya terorganisasi dengan baik.

Kategori yang dilombakan di ajang The 12th Bali International Choir Festival 2023 adalah Children’s
Choir, Teenager’s Choir, Mixed Youth Choir, Mixed Choir, Female Choir, Male Choir, Senior Choir,
Musica Sacra, Traditional Spiritual, Music of Religions, Pop & Jazz, Folksong, Vocal Group, Solo
Children, Solo Youth, Solo Adult, Solo Classical Music, Solo Sacred Music, Solo Seriosa Indonesia,
dan Solo Popular Music.

The 12th Bali International Choir Festival 2023 juga mendapat dukungan dari BNN RI, Pemprov
Bali, Polda Bali, Pemkab Badung, Kapal Api Group, Alesis, Gojek, Bali TV, dan The Jakarta Post. (pur)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments