Rabu, Februari 28, 2024
BerandaOTOMOTIFDirancang Khusus Untuk Lintasan Balap, Honda Hadirkan Berbagai Teknologi Mobil Balap di...

Dirancang Khusus Untuk Lintasan Balap, Honda Hadirkan Berbagai Teknologi Mobil Balap di All New Honda Civic Type R 

(WARTADEWATA.COM) –  PT Honda Prospect Motor meluncurkan dan juga memasarkan All New Honda Civic Type R di Indonesia pada 30 Maret 2023. Mobil ini merupakan model Civic tercepat yang pernah dibuat Honda. Honda Civic Type R generasi terbaru ini mempunyai berbagai keunggulan yang meliputi performa mesin, sport advance technology serta keselamatan berkendara yang terdepan di kelasnya.

Pada sektor performa, All New Honda Civic Type R menggunakan mesin 2.0L VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 319 PS dan torsi maksimum 420 Nm. All New Honda Civic Type R memiliki pengembangan pada sistem turbo sehingga dapat memberikan tenaga yang lebih baik. Kemudian All New Honda Civic Type R memiliki knalpot Active Exhaust Valve sehingga memberikan efisiensi gas buang yang lebih baik. 

All New Honda Civic Type R telah didukung sistem pengereman terdepan dengan 4-pot callipers dan Φ350mm large diameter 2-piece disc untuk memberikan daya henti yang kuat saat mobil melaju pada kecepatan tinggi. Terdapat pula sistem Rev Match Control dimana sistem ini membantu pengemudi “Like a Pro Racer” mempermudah teknik Heal and Toe” dengan menaikan putaran mesin saat melakukan pengereman untuk memasuki tikungan, dan lebih cepat keluar tikungan

Rangka mobil dirancang seringan mungkin dimana rangka body mobil di buat seringan mungkin dengan kombinasi pelat baja, aluminium dan resin. Kestabilan All New Honda Civic Type R didukung dimensi kendaraan yang lebih lebar dan lebih rendah dimana All New Honda Civic Type R memiliki panjang 4.593 mm (meningkat 36 mm), lebar 1.890 mm (meningkat 13 mm) serta tinggi 1.407 mm (berkurang 14 mm). Desain aerodinamika dan Rear Wing Spoiler mendukung performa kendaraan untuk tetap stabil saat mobil melaju dikecepatan tinggi.

Untuk mendukung pengalaman berkendara, All New Honda Civic Type R telah disematkan teknologi balap terdepan Honda yaitu mode berkendara +R dan Honda LogR. Pada mode berkendara +R akan membuat pengendara merasakan pengalaman berada di dalam mobil balap dengan tenaga yang lebih responsif, suara mesin yang lebih powerful hingga suspensi yang rigid. 

Terdapat pula mode berkendara Comfort, Sport dan Individual yang dapat disesuaikan dengan keinginan serta karakter berkendara pengemudinya. Mode berkendara Individual berguna untuk memudahkan pengemudi dalam mengatur performa mobil agar sesuai dengan selera dan keinginan dalam menerjang lintasan.

Kemudian teknologi Honda LogR dapat mengetahui informasi secara langsung kondisi kendaraan dimana pengendara dapat memilih 6 informasi dari 12 informasi yang tersedia. Informasi tersebut meliputi Water Temperature, Outside Temperature, Engine Air Intake Temperature, Engine Oil Temperature, Boost Pressure, Engine Oil Pressure, Atmospheric Pressure, Brake Pressure, Steering Angle, Yaw Rate (Direction of Rotation), Accelerator Pedal Position dan Clutch Pedal Position Ratio

Lebih dari itu, Honda LogR membantu untuk menganalisa kondisi serta kemampuan pengemudi dalam memaksimalkan performa All New Honda Civic Type R dimana fitur auto score yang dapat memberikan penilaian secara otomatif terhadap kebiasaan berkendara, yang bertujuan memaksimalkan potensi kendaraan. Analisa dari pengalaman berkendara melalui Honda LogR dapat pengendara simpan dan bagikan ke sosial media. Sebelumnya pengendara perlu untuk mengunduh aplikasi HondaLog R 2.0 melalui App Store atau Android Google Play.

Untuk menunjang keselamatan dalam berkendara, All New Honda Civic Type R telah disematkan teknologi terdepan Honda SENSING. Honda SENSING merupakan teknologi keselamatan pengemudi yang dirancang khusus untuk memberi informasi dan meminimalisir dampak dari kecelakaan.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “All New Honda Civic Type R merupakan mobil yang pengembangan teknologinya diturunkan dari mobil balap Honda sehingga pengendara dapat merasakan sensasi berkendara yang memacu adrenalin. All New Honda Civic Type R menginspirasi produk RS Honda mulai dari desain sporty, mesin yang responsif hingga teknologi terdepan dikelasnya,” ujar Billy.(rls)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments