Rabu, Februari 28, 2024
BerandaPENDIDIKANAstra Motor Bali Kolaborasi Dengan Polda Bali, Edukasi #Cari_Aman

Astra Motor Bali Kolaborasi Dengan Polda Bali, Edukasi #Cari_Aman

(WARTADEWATA.COM) – Dalam rangka menyambut hari Ibu, 22 Desember 2023, team safety riding Astra Motor Bali berbagi tips berkendara dengan tema” #Cari_Aman, Hidup Penuh Arti” yang diikuti 55 peserta dari Ibu PKK Yowana Bali. Dengan berkolaborasi bersama Polda Bali, kegiatan yang dilaksanakan di ruang Ubud Gedung Astra Motor Bali ini dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab dan penghargaan kepada para ibu-ibu PKK Yowana Bali untuk lebih waspada akan keselamatan berkendara.

Dalam pemaparan yang diawali pihak Polda Bali yang dibawakan Kasi Audit dan Inspeksi, AKP Ni Wayan Yanti Susanti,S.H., M.H. menegaskan disiplin berlalu lintas merupakan salah satu cermin dari disiplin Nasional yang menunjukkan harga diri bangsa sesuai UU no. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Permasalahan lalu lintas akan menimbulkan dampak apabila tidak dikelola dengan baik. Pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan yaitu masalah pengemudi yang biasanya mengendarai motor dibawah umur serta kurangnya kemampuan berkendara. Selain itu kehilangan konsentrasi pada saat naik sepeda motor bisa disebabkan pengaruh alcohol, obat-obatan, menggunakan HP saat berkendara, dan mengantuk. Tidak hanya itu saja perlengkapan berkendara seperti, tidak ada spion, tidak memakai helm, tidak memakai sabuk pengaman bisa sebagai salah satu penyumbang penyebab kecelakaan. Kelayakan kendaraan pun perlu diperhatikan dengan rajin melakukan servis berkala, tegasnya.

Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius memaparkan dalam beraktivitas sehari-hari, banyak perempuan masa kini yang menggunakan sepeda motor, baik secara individu maupun bersama keluarga. Agar dapat beraktivitas dengan aman, nyaman, dan tetap stylish, perempuan perlu memperhatikan cara berkendara yang aman dan saling menghormati sesama pengguna jalan lainnya.

Di tahun 2022 terjadi kecelakaan sebanyak 137.859 yang dimana 74% melibatkan sepeda motor dan 53% adalah usia 15 – 39 tahun.Yang menarik pertumbuhan pengguna sepeda motor wanita meningkat setiap tahunnya dan angka kecelakaan yang melibatkan pengendara perempuan juga ikut meningkat. Ada 3 pola kecelakaan yang sering terjadi kecelakaan tunggal, kecelakaan di persimpangan, kecelakaan beruntun. Hal itupun dipengaruhi terhadap 3 prilaku berkendara tidak aman yakni ceroboh lalulintas depan, gagal menjaga jarak aman, serta ceroboh saat berbelok. Untuk itu perlu penggunaan riding gear yang sesuai dan cara berkendara aman, ujarnya.

PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengungkapkan #Cari_Aman sebagai bentuk dukungan terhadap program sinergi bagi negeri juga ingin memberikan apresiasi terhadap perempuan di Indonesia yang merupakan sosok berharga. Dari mereka, lahir para generasi penerus bangsa yang dapat membawa perubahan positif dalam keluarga.
“Kami berharap kegiatan internal bertepatan dengan hari ibu ini dapat menjadi bagian dari penyelamat kehidupan generasi melalui peran ibu. Program kampanye safety riding yang kami lakukan pun turut bekerjasama dengan Polda Bali. Semoga aktivitas ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu yang semakin sadar pentingnya #Cari_Aman,” ungkap Iswahyudi.(dha)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments