Kamis, Februari 22, 2024
BerandaGaya HidupAgus Kama Loedin Gandeng Jhub Art Space Tampilkan 40 Karya Seni di...

Agus Kama Loedin Gandeng Jhub Art Space Tampilkan 40 Karya Seni di Locca Sea House

(WARTADEWATA.COM) – Pameran seni rupa “Pusaran Eksplorasi” oleh seniman Agus Kama Loedin menggandeng Jhub Art Space (Jimbaran Hijau) yang berlangsung di Locca Sea House, Jimbaran, Bali. Pameran seni ini resmi dibuka pada Senin (6/11/2023) di Locca Sea House Jimbaran Bali yang dipadu dengan pertunjukan musik dari Nova Ruth serta kolaborasi dengan Otniel Tasman dan Jasmine Okubo. Pameran ini diresmikan oleh Christianto Tjahyadi didampingi Dr. Putu Agung Prianta dan Nicolaus Kuswanto. 

Pameran ini digelar mulai 6 November hingga 6 Desember 2023. Gelaran ini adalah pameran tunggal perdana Agus Kama Loedin setelah masa pascapandemi Covid-19. Pameran ini merupakan peristiwa penting dalam dunia seni rupa, menampilkan dua arus besar kreativitasnya yang unik, yaitu fotografi abstrak dan karya berbasis kawat.

Pameran ini menandai kembalinya Agus Kama Loedin ke Bali setelah menjalani periode lockdown yang mencekam bersama keluarganya di Filipina selama pandemi. Agus telah menjalani karier seni rupa yang cemerlang di Filipina, dan sekarang ia kembali dengan semangat yang ditingkatkan untuk berbagi karyanya dengan masyarakat Bali. Agus juga merencanakan untuk tinggal di Bali, menjadikan pulau ini sebagai “rumah kreatif” yang baru.

Menurut Agus Kama Loedin, pameran “Pusaran Eksplorasi” menggambarkan perjalanan kreatif Agus Kama Loedin sejak dahulu hingga sekarang. Dalam pameran ini, terdapat dua arus besar kreativitas yakni karya-karya berbasis fotografi dan karya berbahan kawat. Karya-karya fotografi Agus menantang persepsi tradisional tentang fotografi dengan citra abstrak atau semi-abstrak. Dia menggunakan teknik montase dan pencerminan untuk menciptakan komposisi yang memukau dan menghadirkan enigma visual, ujarnya.

Selain fotografi, saya juga menciptakan karya seni yang inovatif dengan material kawat. Karya-karya ini meredefinisi konsep tradisional tentang patung dengan memperlihatkan bahwa patung bisa mengambil berbagai bentuk, termasuk menggantung di dinding seperti lukisan. Agus menggabungkan unsur formal dengan ekspresi subjektif untuk menciptakan karya yang unik dan penuh kegelisahan kreatif, ungkap Agus.

Sementara Putu Agung Prianta selaku pendiri Jhub Art Space by Jimbaran Hijau mengatakan, pihaknya mengaku sangat antusias kali ini bisa berkolaborasi dengan Agus Kama Loedin, untuk mempersiapkan sebuah pameran seni rupa luar biasa. Beberapa karya Agus di pameran ini menyuarakan isu-isu ekologis, warisan budaya, dan spiritualitas di tengah perubahan zaman.

“Pameran ini merupakan kesempatan langka untuk bisa merasakan kekayaan dan kompleksitas kreativitas seorang seniman yang telah menjelajahi dunia, dengan karya seni rupa berani. Dalam pembukaan kali ini, kami juga menampilkan pertunjukan musik dari Nova Ruth serta kolaborasi dengan Otniel Tasman dan Jasmine Okubo,” kata Agung Prianta didampingi Nicolaus Kuswanto.

Karya-karya Agus tidak hanya memikat secara visual, tetapi juga membawa pesan yang dalam. Beberapa karyanya menyuarakan isu-isu ekologis, warisan budaya, dan spiritualitas di tengah perubahan zaman. Agus membawa gagasan visual dan pesan wacana bersama-sama dalam karyanya, memberikan sudut pandang segar pada isu-isu yang ditemui dalam karyanya.

Pameran “Pusaran Eksplorasi” oleh Agus Kama Loedin di Locca Sea House adalah kesempatan langka untuk merasakan kekayaan dan kompleksitas kreativitas seorang seniman yang telah menjelajahi dunia seni rupa dengan berani.(pur)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments