Senin, Juni 17, 2024
BerandaOTOMOTIFAgung Toyota Kenalkan SUV Tangguh New Fortuner 

Agung Toyota Kenalkan SUV Tangguh New Fortuner 

Sebagai Komitmen Dalam Memenuhi Kebutuhan Mobilitas Masyarakat Awal Tahun 2022
(WARTADEWATA.COM) – New Fortuner telah diluncurkan beberapa minggu lalu di Jakarta. Hal ini sebagai bentuk komitmen Toyota dalam memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat terhadap kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV). PT Toyota-Astra Motor (TAM) Melalui Agung Toyota selaku authorized Toyota Dealer di provinsi Riau, Jambi, Bengkulu, Bali dan Kepri mengawali 2022 ini, menghadirkan ever-better cars dengan memperkenalkan SUV tangguh yaitu New Fortuner pada Senin (24/1/2022) di Agung Toyota Head Office Jakarta. Dan ini melengkapi line-up segmen SUV setelah sebelumnya Toyota Astra Motor juga memperkenalkan All New Toyota Land Cruiser yang mengisi segmen premium SUV.
Turut hadir pada perkenalan SUV tangguh New Fortuner tersebut yakni Ilham Panjaitan CEO Agung Toyota, Berlinton Siahaan CFO Agung Toyota, Moshe Panjaitan VCOO Agung Toyota, Himawan Wahyu Wardhana COO Agung Toyota, Andi Kristanto Lim selaku Strategic Sales Planning SUV, Sedan, Hatchback, SSP Dept. Head Toyota Astra Motor, Daning Nursilasari selaku General Manager Agung Toyota, Mahmud Fauzi selaku Regional Manager Area Barat (Jambi, Riau dan Bengkulu) Agung Toyota serta Yunus A Prabowo Regional Manager Area Timur (Bali dan Kepulauan Riau) Agung Toyota.
Land Cruiser dan Fortuner dikenal sebagai SUV Toyota yang tangguh, bertenaga dan dapat diandalkan. Land Cruiser menjadi cikal bakal dari segmen SUV Toyota di Indonesia. Sedangkan Fortuner dihadirkan sebagai High SUV untuk mendukung mobilitas kalangan menengah ke atas yang aktif dan dinamis.
“SUV Toyota menjadi jenis kendaraan yang semakin diminati oleh masyarakat
Indonesia. Bahkan dalam 10 tahun terakhir, kontribusi SUV Toyota terhadap total penjualan Toyota meningkat secara signifikan, dimana pada 2011 masih sekitar 12%, namun di 2021 sudah mencapai sekitar 35%. Kami bersyukur jajaran SUV yang kami hadirkan senantiasa mendapatkan respon yang baik di masyarakat Indonesia,” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.
New Fortuner Hadir Dengan Mesin Lebih Bertenaga dan Tipe Flagship Baru
Sejak generasi kedua diperkenalkan pada 2016, selain berubah total, Toyota
memperkuat DNA Fortuner yang tangguh dan dapat diandalkan dengan menghadirkan mesin diesel yang bertenaga dan responsif berkode 2GD 2.393 cc VNT Intercooler. Mesin diesel ini melengkapi mesin bensin bertenaga 2TR-FE 2.694 cc Dual VVT-i yang sudah ada sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam.
“Kami bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan pelanggan setia Agung Toyota karena Toyota Fortuner selama 2021 masih menjadi mobil high SUV pilihan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari total penjualan Toyota Fortuner
di 5 Provinsi sebanyak 1,684 unit dan menjadi market leader di provinsi Riau,
Bengkulu, Kepri dan Bali,” ungkap Himawan W. Wardhana selaku Chief Officer Operation Agung Toyota.
Sementara Regional Manager Area Timur (Bali dan Kepulauan Riau) Agung Toyota Yunus A Prabowo, menjelaskan target pasarnya tidak hanya kaum lelaki, namun kaum perempuan juga kini menjadi target pasar untuk New Fortuner. Untuk di Bali, Senin 24 Januari, produk ini mulai di display di Agung Toyota Bali, dan dalam waktu dekat New Fortuner sudah mengaspal di Bali. Untuk SPK New Fortuner di Bali hingga saat ini sudah mencapai 23 unit. Dengan jumlah SPK itu, pihaknya menargetkan, hingga akhir bulan ini, SPK bisa mencapai angka 50 unit. Namun demikian, karena unit sangat terbatas, kemungkinan untuk inden bisa selama satu bulan. “Untuk customer di wilayah Bali, karena unitnya sangat terbatas, kemungkinan indennya bisa satu bulan,” jelasnya.
Ditambahkan Yunus, harga on the road di Bali, New Fortuner dimulai dari Rp 603.200.000,- untuk New Fortuner 4 x 2, Rp 620.300.000,- untuk New Fortuner GS Sport 4 x 2 dengan, dan Rp 711.300.000 untuk New Fortuner GR Sport 4 x 4, tambahnya.
Meski telah dibekali dengan pilihan dua (2) mesin yang bertenaga, masih ada pelanggan yang mengharapkan bahwa Fortuner dapat diberikan kepercayaan untuk menggunakan mesin dengan tenaga dan torsi yang lebih besar untuk meningkatkan unsur fun to drive, serta melengkapi eksterior dan interior yang kini sudah sporty berkat sentuhan DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing.
Berkomitmen dalam menjawab kebutuhan ini, Toyota memperkenalkan New Fortuner sebagai ever-better car yang kini dibekali dengan pilihan mesin diesel baru berkode 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler yang menghasilkan tenaga lebih besar hingga 203,9 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 – 2.800 rpm. Sementara mesin 2GD-FTV 2.393 cc 4 silinder VNT Intercooler bertenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi 40,8 Kgm pada 1.600 – 2.000 rpm masih dimanfaatkan oleh Fortuner tipe lainnya.
Dengan output tenaga yang lebih besar 36% serta torsi lebih tinggi sekitar 25%, mesin 1GD mencatatkan waktu akselerasi 0 – 100 km/h yang lebih cepat yaitu 11,9 detik, sementara mesin 2GD 14 detik. Begitu juga pada saat berakselerasi pada kecepatan 60 – 80 km/h, mesin 1GD mencatatkan waktu lebih capat yaitu hanya 2,8 detik, sementara mesin 2GD 3,7 detik.
“Sejak awal, Fortuner  dikembangkan sebagai 7-seater SUV yang tangguh
dan dapat diandalkan. Dibekali dengan DNA ini, Fortuner dapat mendukung
segala bentuk aktivitas pelanggan di berbagai kondisi jalanan di Indonesia yang beragam. Seiring waktu, kami terus meningkatkan performa Fortuner dengan
menghadirkan mesin-mesin yang bertenaga. Mulai dari mesin bensin 2TR, lalu mesin diesel 2KD yang diteruskan dengan 2GD. Hingga kini kami hadirkan
pilihan mesin diesel baru yaitu 1GD yang menawarkan tenaga dan torsi yang
lebih besar. Kehadiran mesin baru ini diharapkan dapat memberikan pilihan
lebih lengkap dan memenuhi ekspektasi pelanggan yang memprioritaskan aspek
performa dari Fortuner,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton
Jimmi Suwandy.
Toyota juga melengkapi New Fortuner tipe GR Sport dengan sistem penggerak semua roda (4×4) yang memakai mesin diesel 1GD dan dilengkapi dengan fitur Easy 4×4 Switch serta fitur Downhill Assist Control (DAC). Dengan hadirnya tipe flagship dan mesin baru ini, kini New Fortuner memiliki delapan (8) tipe yaitu 2.8 4×4 GR Sport A/T, 2.8 4×2 GR Sport A/T, 2.8 4×2 VRZ A/T, 2.7 4×2 GR Sport A/T, 2.4 4×2 GR Sport A/T, 2.4 4×2 VRZ A/T, 2.4 4×2 G A/T, 2.4 4×2 G M/T.
“Selain menghadirkan pilihan mesin baru yang lebih bertenaga, kami juga perluas varian GR Sport pada New Fortuner ke tipe 4×4 untuk melengkapi performanya yang kini menjadi terdepan di kelasnya,” tambah Anton.
Selain itu, New Fortuner juga ditawarkan bersama paket Toyota Customization Option (TCO) yang mencakup beberapa jenis aksesoris yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dengan jaminan kualitas produk standard Toyota.
Secara total ada sembilan (9) pilihan aksesoris yaitu Engine Hood List Chrome, Outer Mirror Ornament, Side Body Moulding, Rear License Ornament, Rear Bumper Ornament, Cargo Net, Spare Tire Cover, Sporty Floor Mat dan Air Purifier.
Seluruh aksesoris tersebut dapat dipesan saat membeli New Fortuner secara satuan atau paket, di outlet Toyota terdekat dan akan langsung dipasang dengan garansi 3 tahun atau 100.000 km jika diorder bersamaan dengan pemesanan kendaraan baru.(pur)
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments