Minggu, Maret 3, 2024
BerandaGaya HidupTouring Jarak Jauh, Berikut Fase #Cari_Aman Nyaman Berkendara di Jalan Raya

Touring Jarak Jauh, Berikut Fase #Cari_Aman Nyaman Berkendara di Jalan Raya

(WARTADEWATA.COM) – Astra Motor Bali melalui team safety riding memberikan tips – tips keselamatan berkendara. Pada kesempatan ini akan memberikan sharing tentang fase yang wajib diketahui pengendara saat touring jarak jauh. Hal ini menjadi pertimbangan karena dalam waktu dekat akan ada event Gas To Honda Bikers Day (HBD).

Silahkan Simak #Cari_Aman hal-hal penting yang wajib diketahui:
Ada 3 fase yang disiapkan terlebih dahulu
1. Persiapan
2. Saat touring
3. Evaluasi

Fase Persiapan

Pada fase ini pengendara wajib mempersiapkan rute perjalanan yang akan di laluinya mulai dari membuat dan memetakan rute perjalanan yang berisi keamanan jalur, ketersediaan akomodasi seperti SPBU, rumah makan, hingga penginapa. Berikutnya mengenai legalisasi meliputi mempersiapkan surat dan kelengkapan sepeda motor yang digunakan.Selanjutnya kekompakan dan komunikasi yang baik harus dijunjung tinggi oleh pengendara saat touring jarak jauh dengan cara membuat delegasi melalui team kecil yg dipercaya menjadi pemimpin barisan (road captain) dan sweeper. Wajib diketahui oleh para riders dengan menginformasi kepada member yg ikut touring seperti rute, team touring dan legalisasi. Kelengkapan administrasi harus diperhatikan mulai dari persiapkan biaya yang mungkin ada seperti spbu, tiket kapal laut, dan sebagainya.

Fase selanjutnya adalah fase saat touring dengan memastikan kondisi diri sendiri para riders dan kendaraan tentunya dalam keadaan sehat dan prima, mengikuti aturan lalu lintas yang berlaku. Menggunakan safety riding kode touring yang sudah disepakati bersama.

Fase evaluasi adalah melakukan pengecekan kondisi peserta dan kendaraannya, evaluasi dari team road captain mengenai penanganan saat touring. Perlu diingat bahwa setiap 2 jam berkendara beristirahatlah sejenak untuk merilekskan badan.

Safety Riding Instructor Astra Motor Bali,Yosepth Klaudius mengatakan touring perjalanan jarak jauh perlu persiapan dan konsentrasi yang sangat baik. Karenanya dengan semangat Satu Hati, tim safety riding merasa perlu untuk membagikan sejumlah tips agar tetap #cari_aman selama di perjalanan.
“Setiap pengendara wajib memahami fase sebelum berkendara karena perjalanan jauh menguras energi yang mudah memancing emosi saat bertemu pengendara lainnya, Untuk itu selalu #Cari_Aman dalam berkendara di jalan,” ujar Yoyo.(dha)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments