Selasa, April 16, 2024
BerandaBisnisTelkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien

Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien

(WARTADEWATA.COM) – Telkomsel, perusahaan penyedia layanan telekomunikasi digital terbesar di Indonesia, dan ZTE Corporation (0763.HK/000063.SZ), perusahaan penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di dunia, mengumumkan kolaborasi strategis untuk memajukan portofolio jaringan mereka di masa depan. Ditandai dengan penandatanganan Strategic Partnership Agreement (SPA) antara Telkomsel dan ZTE di Mobile World Conference (MWC) 2024 Barcelona pada Selasa (27/2/2024), kolaborasi ini menjadi upaya kedua perusahaan untuk menghadirkan pengalaman internet berkecepatan tinggi lebih dari 1 Gbps (pengalaman gigabit) yang dapat dinikmati oleh para pelanggan di Indonesia, baik di rumah maupun di luar rumah.

Melalui kolaborasi tersebut, Telkomsel dan ZTE akan mengkaji beberapa solusi teknologi jaringan termutakhir yang dapat menghadirkan pengalaman jaringan telekomunikasi berkecepatan tinggi bagi konsumen di Indonesia, yakni Network Edge AI, 5G Advanced, dan Intelligent Home Network. Uji coba oleh kedua perusahaan akan dilangsungkan di sejumlah lokasi jaringan Telkomsel tertentu di Indonesia guna menelaah pemanfaatannya dalam situasi nyata, termasuk dari aspek pengalaman pengguna dan efisiensi sumber daya dan biaya jaringan.

Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan, “Sebagai penyedia layanan konvergensi terbesar di Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan melalui pemanfaatan teknologi terkini. Dengan sinergi kapabilitas teknologi jaringan Telkomsel dan ZTE untuk menghadirkan pengalaman internet berkecepatan tinggi yang lebih baik, stabil, dan andal, kami berharap dapat membuka lebih banyak peluang inovasi yang berdampak dan mendorong kemajuan secara inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Mei Zhonghua, SVP ZTE Corporation, mengungkapkan, “Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Telkomsel, perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, untuk merintis masa depan dengan pengalaman konektivitas yang lebih cepat dan stabil, yang dapat digunakan dalam spektrum pengaplikasian yang lebih luas. Kepercayaan Telkomsel dalam menggunakan solusi teknologi ZTE selama bertahun-tahun menunjukkan standar kualitas layanan yang tinggi dan komitmen kami untuk selalu menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi, membuka jalan bagi konektivitas berkecepatan tinggi yang luar biasa,” ungkapnya.

Uji coba pemanfaatan jaringan yang mengimplementasikan teknologi AI bersama ZTE dalam solusi Network Edge AI diperkirakan dapat mendukung efisiensi energi dan sumber daya dengan memperhitungkan beban jaringan, sehingga akan meningkatkan pengalaman jaringan secara keseluruhan. Sedangkan dengan solusi 5G-Advanced, Telkomsel dan ZTE akan menghadirkan teknologi Reconfigurable Intelligent Surface (RIS) untuk mengoptimalkan jangkauan sinyal dan RedCap untuk menyederhanakan kerumitan implementasi perangkat IoT dan 5G di industri.

Dalam solusi Intelligent Home Network menggunakan Smart Cloud Platform (SCP) dari ZTE, pengelolaan Mesh Access Point (AP), IP Camera (IPC), dan Perangkat Fiber-to-the-Room (FTTR) secara sekaligus akan dikombinasikan dengan pemanfaatan AI untuk meningkatkan pengalaman menikmati konten hiburan, sehingga diharapkan dapat melengkapi kualitas pengalaman pelanggan Telkomsel dan memperkuat kapabilitas Wi-Fi di rumah. Kolaborasi ini juga membuka peluang lebih lanjut untuk mendorong transformasi digital Telkomsel secara internal melalui penambahan wawasan pemanfaatan teknologi terkini.

Dalam komitmen bersama untuk menciptakan inovasi di bidang telekomunikasi dan mendorong transformasi digital, kolaborasi strategis Telkomsel dan ZTE telah menghadirkan sejumlah proyek yang bertujuan memperluas akses konektivitas yang inklusif dan berkelanjutan. Pada MWC 2023, kedua perusahaan bersama mengembangkan pemanfaatan layanan 5G untuk segmen bisnis di Indonesia. Bersamaan dengan itu, ZTE dan Telkomsel menyatakan komitmen bersama untuk meningkatkan kapasitas dan jaringan broadband untuk wilayah maritim di Indonesia, yang mana terwujud pada akhir tahun 2023 dalam bentuk MarineMobile, sebuah solusi komunikasi mobile jarak jauh yang dirancang untuk membantu nelayan mengatasi tantangan operasional yang sering mereka hadapi.(pur)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments