Kamis, Februari 22, 2024
BerandaPENDIDIKANKenalkan Dunia Kerja Sejak Dini, Astra Motor Bali Terima Kunjungan Industri dari...

Kenalkan Dunia Kerja Sejak Dini, Astra Motor Bali Terima Kunjungan Industri dari SMK Muh 1 Wonosobo

(WARTADEWATA.COM) – Kembali Astra Motor Bali menerima kunjungan industri dari SMK Muh 1 Wonosobo awal Juni 2023. Kunjungan ini dihadiri 50 siswa serta 5 guru pendamping yang diterima hangat team SHEP (Satu Hati Education Program) Astra Motor Bali. SHEP banyak memaparkan tentang company profile Astra Motor Bali dengan tujuan untuk mengenalkan sejak dini dunia kerja atau dunia industri khususnya di Astra Motor.
Kunjungan industri bagi siswa ini merupakan salah satu jenis kegiatan pembelajaran sekolah agar menambah wawasan siswa untuk melihat secara langsung suasana/kondisi industri. Bentuk kegiatan dilakukan dengan cara mengunjungi perusahaan-perusahaan yang sudah dipilih sesuai jurusan masing-masing siswa. Dalam kunjungan industri keperusahaan ini para siswa diberikan gambaran tentang suatu pekerjaan dibidang mereka serta gambaran tentang apa yang diakukan dalam dunia kerja serta mengenal cara melayani.

Rangkaian kegiatan kunjungan dimulai dari pengenalan AHASS dan informasi peluang kerja bagi siswa SMK yang telah tamat maupun yang ingin berwirausaha serta program youthpreneurship yang dapat dijalankan oleh lulusan SMK dan mengimplementasikan kurikulum TSM Honda.

SHEP Manager Astra Motor Bali, Achmad Wahyudi Irmono mengatakan kegiatan ini tak cukup sekedar pengenalan profil perusahaan, para siswa juga diberikan penjelasan tentang beberapa hal terkait etika kerja serta bagaimana mengimplementasikan kurikulum TSM Honda yang sudah berjalan sesuai program “Sinergi Bagi Negeri”. Kegiatan kunjungan industri ini juga dalam rangka pelaksanaan pendidikan vokasi terkait dengan program link and match guna meningkatkan kompetensi siswa, ujarnya.

“Dunia kerja tentunya berbeda dengan suasana pendidikan di sekolah. Informasi-informasi yang disampaikan dalam setiap kunjungan industri tentunya dapat mengispirasi para siswa untuk terus belajar, berkreatifitas menerapkan pelajaran yang didapatkan baik di sekolah maupun di lapangan salah satunya kunjungan ini. Dengan kegiatan tersebut harapannya dapat memberikan kesadaran bagi siswa bahwa kedisiplinan yang tidak mudah dibiasakan di sekolah memang akan menjadi bekal utama siswa kelak ketika bekerja,” ungkap Awi sapaan akrab Achmad Wahyudi Irmono.

Kunjungan industri ini untuk seluruh siswa mampu mendapatkan ilmu dan informasi terkait function-function di Penjualan, Pemeliharaan dan Spare part. Ditambah dengan edukasi safety riding yang dibawakan team safety riding Astra Motor. Edukasi safety riding ini memberikan pemaparan tentang cara berkendara yang baik, perlengkapan berkendara serta bahaya yang bisa terjadi saat berkendara di jalan raya. Antusias peserta terlihat saat kuis safety riding dengan hadiah helm sebagai wujud pentingnya menggunakan pelindung kepala sata berkendara serta Ingat tetap #Cari_Aman di jalan. Usai edukasi safety riding, peserta berkeliling mengunjungi showroom unit, showroom Honda Big Bike serta bengkel AHASS dibantu Service Advisor (SA).

Andrian Suryadiningrat, S.Pd selaku guru pendamping mengungkapkan kesan-kesannya selama mengikuti kunjungan industri ini. “Saya ucapkan terima kasih kepada Astra Motor Bali karena banyak mendapatkan informasi tentang Astra Motor, AHASS dan ilmu lainnya yang disampaikan dengan suasana penuh akrab. Semoga lain waktu kami bisa berkunjung kembali mengajak siswa baru untuk menambah ilmunya,” harap Andrian.(dha)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments