Rabu, April 24, 2024
BerandaPENDIDIKANKaryawan Astra Motor Bali Diberikan Pelatihan Pemadam Kebakaran

Karyawan Astra Motor Bali Diberikan Pelatihan Pemadam Kebakaran

(WARTADEWATA.COM) – Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan banyak kerugian, apabila kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam pencegahan kebakaran. Berdasarkan hal tersebut Astra Motor Bali melakukan pelatihan pemadam kebakaran yang melibatkan karyawan yang konsentrasi dalam keamanan lingkungan kantor.

Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu (29/4/2023) di halaman gudang Honda ini merupakan agenda rutin sebagai upaya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan. Diikuti oleh 20 orang yang merupakan petugas keamanan (satpam ) Astra Motor Bali.

Pelatihan dimulai dengan memberikan materi seputar bahaya kebakaran dan faktor-faktor apa saja yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Setelah itu peserta langsung diarahkan untuk praktek cara menjinakkan api dengan menggunakan beberapa metode yang dipandu oleh pelatih praktisi penanggulangan bencana. Dalam pemaparannya yang dibawakan dengan bersemangat oleh Rudi, ada 3 metode yang dapat dilakukan untuk menjinakkan api. Pertama dengan menggunakan apar (Alat Pemadam Api Ringan atau biasa disebut fire extinguisher). Kemudian api juga dapat dijinakkan menggunakan lap basah. Kedua metode ini dapat digunakan pada skala api yang tergolong kecil. Dan metode ketiga yaitu dengan menggunakan selang pipa air atau hydrant, seluruh peserta antusias untuk mengikuti dan secara langsung mempraktekannya.

PIC ESS & SR Inspector Astra Motor Bali, Tangguh Rinekso menjelaskan Kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran harus terus di lakukan. Salah satunya dengan pelatihan di kalangan perusahaan. Kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk CSR internal dari Astra Motor Bali kepada karyawannya dengan harapan dapat menambah wawasan serta pemahaman tentang bahaya kebakaran dan cara mencegah terjadinya bahaya kebakaran yang lebih besar
“Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri” kita secara tidak langsung turut berkontribusi dalam upaya keselamatan di lingkungan kantor dari bahaya kebakaran. Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat dan bisa mengaplikasikan penggunaan alat Apar dengan baik sehingga apabila kebakaran terjadi bisa ditangani dengan cepat,” jelas Tangguh Rinekso.(dha)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments