Senin, Maret 4, 2024
BerandaTERKINIIni Cara Pintar Atasi Rasa Dingin tak Nyaman dan Kualitas Udara Buruk

Ini Cara Pintar Atasi Rasa Dingin tak Nyaman dan Kualitas Udara Buruk

(WARTADEWATA.COM) – Paparan polusi udara di luar ruangan dapat memiliki dampak serius pada kualitas udara di dalam ruangan. Menurut IQAir, partikel polusi udara di luar ruangan seperti debu, asap kendaraan, dan bahan kimia dapat masuk ke dalam bangunan melalui pintu, jendela, atau sistem ventilasi. Hal ini menyebabkan tingkat polusi udara dalam ruangan menjadi 2-5 kali lebih tinggi daripada di luar ruangan. 

Selain itu, sumber polusi dalam ruangan seperti asap rokok, bahan kimia dari produk pembersih, dan gas beracun dari peralatan rumah tangga juga berkontribusi terhadap buruknya kualitas udara di dalam ruangan. Oleh karena itu, penting untuk menyadari bahwa memperbaiki kualitas udara di luar ruangan juga berdampak pada kesehatan dan kenyamanan di dalam ruangan. Bahkan, dalam waktu singkat, tingkat polusi udara dalam ruangan dapat menjadi 100 kali lebih buruk daripada di luar ruangan.

Buruknya kualitas udara juga disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk PM10, PM2.5, partikel ultrafine, dan ozon. Partikel PM10 sendiri memiliki ukuran kurang dari 10 mikrometer. Partikel ini dapat berasal dari debu, serbuk sari, dan asap kendaraan. Partikel ini dapat masuk ke saluran pernapasan dan menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan. 

Sementara itu, partikel PM2.5 yang lebih kecil dari 2,5 mikrometer dapat menembus lebih dalam ke paru-paru dan bahkan masuk ke dalam aliran darah, menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit pernapasan, penyakit jantung, dan gangguan pernapasan kronis. Partikel ultrafine, dengan ukuran kurang dari 0,1 mikrometer, juga dapat terhirup dan menembus jaringan tubuh manusia, dan telah dikaitkan dengan risiko kesehatan yang lebih besar. 

Faktor lainnya yaitu ozon. Ozon di permukaan bumi yang dihasilkan oleh reaksi kimia antara polutan dan sinar matahari dapat menyebabkan iritasi saluran pernapasan, masalah pernapasan, dan bahkan mempengaruhi fungsi paru-paru. Oleh karena itu, pemantauan dan pengendalian tingkat PM10, PM2.5, partikel ultrafine, dan ozon sangat penting untuk menjaga kualitas udara yang baik dan melindungi kesehatan manusia.

Untuk menanggulangi masalah tadi, sebenarnya ada tiga langkah yang dapat diambil masyarakat, terutama yang ada di perkotaan.

  1. Menjaga kualitas udara di lingkungan sekitar. Ini langkah yang cukup penting karena udara luar akan berpengaruh pada udara di dalam ruangan. Hindari aktivitas yang dapat menyebabkan polusi udara seperti merokok atau membakar sampah di sekitar area rumah atau gedung. 
  2. Dengan meletakkan tanaman yang dapat membersihkan udara di dalam ruangan, seperti tanaman lidah mertua, areca palm, atau snake plant. Tanaman-tanaman ini dapat menyerap polutan dan menghasilkan oksigen segar. 
  3. Menggunakan penyejuk udara (AC) yang dilengkapi dengan air purification filter. Langkah ini bisa menjadi solusi efektif. Mengapa? Hal ini karena adanya air purification filter pada AC dapat menyaring partikel-partikel kecil dan polutan lainnya dari udara, meningkatkan kualitas udara yang dihembuskan ke dalam ruangan. 

 

Samsung sendiri memiliki produk penyejuk udara yang sudah dilengkapi dengan PM 1.0 Air Purification Filter, yaitu Samsung AC WindFree™ Ultra, yang tentunya menawarkan berbagai kemampuan yang sangat menguntungkan. 

Pertama, mampu memurnikan udara untuk kesehatan keluarga: Samsung AC WindFree™ Ultra dengan PM 1.0 Air Purification Filter mampu menangkap partikel-partikel yang sangat halus dan bahkan mensterilkan lebih dari 99% bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

“Dengan PM 1.0 Air Purification Filter, Samsung AC WindFree™ Ultra juga dapat menangkap hingga 90% debu ultra halus hanya dalam waktu 20 menit. Dengan begitu, AC dapat memberikan udara yang lebih bersih dan segar di dalam ruangan,” kata Donny Libra, Head of Air Conditioner Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia. 

Selain itu, AC ini juga dilengkapi dengan Copper Antibacterial Filter yang memiliki kemampuan menyaring hingga 99,9% bakteri berbahaya. Dengan filter tersebut, AC Samsung tidak hanya memberikan pendinginan yang optimal, tetapi juga menjaga kualitas udara yang sehat dan higienis di dalam ruangan. 

Kedua, menawarkan kesejukan yang nyaman: Dengan teknologi WindFree Cooling, AC ini menawarkan rasa sejuk yang nyaman sebab tidak akan menghembuskan angin yang langsung mengenai tubuh kita. 

Untuk menghadirkan kenyamanan total dari satu perangkat AC, Samsung AC WindFree™ Ultra dibekali  inovasi WindFree™ Cooling yang menyebarkan udara sejuk ke seluruh ruangan melalui 23.000 lubang mikro. Dengan begitu, pengguna akan merasakan kesejukan yang nyaman tanpa hembusan angin langsung ke tubuh. 

Teknologi WindFree™ Cooling menghadirkan kenyamanan total bagi keluarga sembari menemani berbagai aktivitas, seperti berinteraksi, bekerja, dan belajar di rumah. Nikmati beraktivitas di rumah seharian dengan hembusan udara dingin yang nyaman dan tingkat kebisingan yang rendah hanya 20dB dan suhu yang terkontrol, sehingga tak perlu harus mengatur suhu terus menerus dengan mematikan dan menyalakan AC. 

Ketiga, hemat listrik: Samsung AC WindFree™ Ultra yang sudah diperkuat teknologi Digital Inverter sehingga lebih hemat listrik dan hanya butuh pasokan daya mulai dari 180Watt. Anda akan menikmati penghematan listrik hingga 73%, sebab Digital Inverter akan mempertahankan suhu yang diinginkan tanpa sering mati dan hidup, sehingga mengurangi fluktuasi penggunaan listrik. 

Digital Inverter pada Samsung AC WindFreeTM Ultra hadir dengan kipas yang 15% lebih besar, blade yang 31% lebih lebar, dan inlet yang 18% lebih lebar. Dengan fitur-fitur ini, AC mampu melakukan pendinginan ke sudut demi sudut ruangan 45% lebih cepat dan menjangkau lebih jauh, sampai 15 meter.  

Keempat, terhubung ke smartphone: Samsung AC WindFree™ Ultra dapat terhubung ke smartphone melalui aplikasi SmartThings sehingga konsumen bisa mengatur pengoperasian AC melalui smartphone sesuai kebutuhan. 

Melalui aplikasi SmartThings konsumen dapat memonitor penggunaan listrik AC, menghitung estimasi biaya, menghemat energi dengan saving mode, dan mengingatkan Anda jika penggunaan energi sudah melewati batas.

Fitur lain yang dimiliki SmartThings adalah Welcome Cooling di mana fitur tersebut berbasis GPS. Saat posisi pengguna sudah mendekati rumah, SmartThings akan memberikan notifikasi untuk menyalakan AC dari ponsel. Udara sejuk nyaman sudah siap menyambut pengguna di rumah. Fitur ini juga akan mengingatkan untuk mematikan AC saat Anda keluar rumah dan lupa mematikan AC.

Samsung AC WindFree™ Ultra sudah bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp8.299.000 sampai Rp13.599.000 dengan gratis jasa pemasangan dan paket pipa AC sepanjang 5 meter untuk pembelian di Samsung.com.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments