Kamis, Februari 22, 2024
BerandaPENDIDIKANAstra Ajak Masyarakat Aman Berkendara Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia

Astra Ajak Masyarakat Aman Berkendara Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia

(WARTADEWATA.COM) –  Dalam rangka memeriahkan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68, Astra mengajak masyarakat bersama-sama mewujudkan Aman Berkendara Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia melalui Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) yang diselenggarakan pada Sabtu (23/9/2023) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Kota Bandung yang telah lama dinobatkan sebagai Kampus Tertib Lalu Lintas. Melalui program tahunan Festival IAABL, Astra berharap dapat menggerakkan seluruh lapisan masyarakat agar turut serta menjadi pelopor keselamatan berkendara.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Ir. A. Koswara, M.P, Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Arman Achdiat, S.I.K., M.Si., Sekretaris UPI Prof. Dr. Memen Kustiawan, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, Head of Environment, Social & Responsibility Astra Diah Suran Febrianti, Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Bandung Rusman Halim beserta sejumlah eksekutif, manajemen dan kepala cabang Grup Astra.

“Perilaku berkendara menjadi faktor penting agar indikator kinerja lalu lintas yang dapat menjamin keselamatan, keamanan dan waktu tempuh dapat dicapai dengan baik. Apresiasi untuk Astra atas kegiatan ini yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pengguna kendaraan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Ir. A Koswara M.P dalam sambutannya.

“Kegiatan ini merupakan upaya dari Grup Astra yang senantiasa berusaha meningkatkan jumlah pelopor keselamatan dan menargetkan penambahan 800 pelopor keselamatan baru pada tahun ini. Keselamatan berlalu lintas merupakan tanggung jawab kita bersama, sehingga diperlukan kolaborasi dengan seluruh pihak agar para pelopor keselamatan dapat berperan untuk mempercepat peningkatan kesadaran pentingnya keselamatan berlalu lintas,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Festival IAABL menyuguhkan sejumlah rangkaian kegiatan di antaranya Roadshow Kampanye Keselamatan Lalu Lintas kepada sejumlah siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di wilayah Bandung dan sekitarnya bersama Satlantas Polres Bandung, Kampanye Simpatik Keselamatan Lalu Lintas yang digelar di beberapa titik di kota Bandung serta Rangkaian Uji Emisi Gratis yang telah dilaksanakan di wilayah DKI Jakarta sebanyak 46 titik dan akan dilanjutkan di wilayah Jawa Barat sebanyak 27 titik.

Dalam festival ini juga dilaksanakan beberapa acara yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat terkait cara berkendara aman dan pengetahuan lalu lintas yang meliputi Kelas Coaching Clinic Aman Berkendara bagi roda dua dan empat serta uji keterampilan berkendara, berbagai perlombaan kesiapsiagaan berkendara di antaranya lomba uji pengetahuan berlalu lintas dan lomba mengganti ban, penyediaan booth  perpanjangan SIM dan STNK, uji emisi gratis bagi kendaraan bermotor baik roda dua dan empat serta menampilkan booth dari perusahaan grup Astra yang memberikan informasi yang komprehensif mengenai otomotif dan keselamatan berlalu lintas.

Sejalan dengan upaya mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Indonesia yang selaras dengan empat pilar kontribusi sosial Astra, sejak tahun 2014 Astra menginisiasi program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) dengan tujuan mengampanyekan penggunaan kendaraan secara tertib dan aman guna mengurangi insiden dari kecelakaan lalu lintas. Tidak hanya memberikan kampanye pada para pengguna kendaraan, program IAABL juga mengajak para pengguna jalan untuk membudayakan aman berlalu lintas.

Hingga tahun ini, seluruh lini bisnis Grup Astra telah menerapkan program IAABL, sehingga secara kumulatif telah membina 10.415 Pelopor Keselamatan Berkendara dan mengedukasi sebanyak 208.359 orang.

Semangat Astra dalam mengampanyekan keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.(dha)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments