Kamis, Februari 22, 2024
BerandaPENDIDIKANAwali 2024 #Cari_Aman Bersama Siswa SMK Negeri 2 Negara

Awali 2024 #Cari_Aman Bersama Siswa SMK Negeri 2 Negara

(WARTADEWATA.COM) – Mengawali tahun 2024, Astra Motor Bali melalui team safety riding mengunjungi siswa SMK Negeri 2 Negara dalam rangka memberikan edukasi safety riding dengan konsep #Cari_Aman. Dilaksanakan di ruang pertemuan, sekitar 70 siswa yang terdiri dari siswa kelas X dan XI sangat antusis mengikuti kelas yang di kemas dengan teori serta rolplay pada Jumat (12/1/2024).

Dipandu team safety riding Astra Motor Bali, Safety Riding Instructor Yosepth Klaudius, kali ini khusus menyampaikan tentang postur tubuh yang tepat saat berkendara. Karena menurut Yoyo posisi berkendara sangat penting guna menjaga keseimbangan dan kenyamanan saat mengendarai sepeda motor. Aktivitas selama berkendara misal mengerem, berbelok, dan bermanuver sangat ditentukan oleh posisi tubuh saat berkendara. Untuk itu seluruh siswa diajak memahami posisi berkendara yang benar melalui rollplay yang diperagakan oleh team safety riding.

Ada 7 postur berkendara yang dipaparkan yakni :
1.Posisi kepala : pengendara bisa melihat ke semua arah yang akan dituju untuk mendapatkan kejelasan gambar sehingga dapat menjadi bahan untuk mengambil Solusi.
2. Posisi bahu/pundak : pengendara sebaiknya berposisi tegap tanpa kaku atau bisa juga rileks, hindari posisi membungkuk
3. Posisi Sikut : pengendara dapat mengambil posisi 120 derajat,, sehingga siku lebih nyaman yang mana sekaligus berfungsi agar getarannya tidak masuk keseluruh badan yang membuat tidak nyaman.
4.Posisi Tangan : pengendara dapat mengendalikan posisi tangan agar tetap rileks dan tidak kaku
5. Posisi pinggul : Pengendara memastikan posisi pinggul lurus dan senyaman mungkin.
6. Posisi Lutut : Pengendara yang menggunakan khusus type sport, sebaiknya posisi lutut harus menjepit tangki motor guna meningkatkan keseimbangan dan dapat membantu saat berbelok dengan mudah. Sedangkan untuk motor matic , lutut berada didalam badan atau tebeng motor.
7. Posisi Kaki : Pengendara yang menggunakan sepatu diharapkan untuk posisi hak sepatu ada pada footstep sehingga hak Sepatu akan menahan sakit saat melakukan pengereman.

PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi menyebutkan edukasi kesekolah-sekolah yang merupakan agenda rutin kami lakukan sbagai salah satu wujud semangat sinergi bagi negeri, dalam mengkampanyekan #Cari_aman dimana pun berada.
“Kenyamanan berkendara adalah hal yang penting bagi pengendara, dengan sharing ke siswa-siswa tentunya akan dapat menularkan semangat berkendara yang baik di jalan raya serta diharapkan mengajak lingkungan sekitar untuk ikut dalam Gerakan #Cari_aman ini serta tidak lupa klik helm,” sebut Iswahyudi.(dha)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments